PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR

Muhammad Syahruzzaki

Abstract


Masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kelas VII MTS Miftahul Ulum Curah Takir. Tujuan penelitian ini yaitumendeskripsikan bagaimana model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kelas VII MTS Miftahul Ulum Curah Takir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 1 siklus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes menulis puisi bagi siswa, dan non-tes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi dengan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR. Hasil rata-rata nilai dari pre-test yaitu 63,7, dan hasil rata-rata nilai dari post-test siswa yaitu 86,0 atau meningkat sebesar 35,01%. Dari keseluruhan siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 87,5%. Peningkatan kenterampilan menulis puisi siswa juga diikuti dengan perubahan perilaku, yaitu dengan lebih berpartisipasi aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Kata Kunci: menulis, puisi, Quantum teaching, TANDUR

 




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v3i2.1591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BELAJAR BAHASA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id