KRITIK SOSIAL DALAM DRAMA INDONESIA UNTUK PEMBELAJARAN SASTRA KONTEMPORER
Abstract
Karya sastra drama Indonesia bertema kritik sosial dapat dijadikan sumber gagasan untuk pembelajaran sastra kontemporer. Guna mewujudkan hal tersebut dilakukan beberapa langkah, yaitu merumuskan metode analisis karya drama bertema kritik sosial, menganalisis fenomena dalam karya drama terkait dengan fenomena dalam masyarakat, menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik yang membangun karya drama tersebut, menganalisis persamaan dan perbedaan antara karya drama bertema kritik sosial dengan karya drama yang tidak bertema kritik sosial, merumuskan acuan pembelajaran drama bertema kritik sosial yang mengacu pada penulisan karya drama bertema kritik sosial, penulisan karya ilmiah yang mengacu pada pembelajaran sastra kontemporer dalam bidang drama bertema kritik sosial, pemanfaatan hasil penelitian drama bertema kritik sosial dan sastra kontemporer sebagai bahan pengayaan materi pembelajaran, penyiapan instrumen pembelajaran sastra kontemprer untuk menyusun tahapan-tahapan apresiasi karya drama bertema kritik sosial. Upaya perwujudan aspek kedua, dilakukan dengan cara melatih kepekaan sosial mahasiswa dengan mendalami, menkaji dan mempraktikkan karya drama bertema kritik sosial, dan menjadikan karya drama bertema kritik sosial sebagai referensi dalam merumuskan metode pembelajaran sastra kontemporer.
Kata-kata kunci: drama, kritik sosial, pembelajaran, sastra kontemporer.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v3i1.1104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 BELAJAR BAHASA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia
Phone & Fax:(0331)336728 | 337957
Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id