PROSPEK PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA MELALUI PROGRAM BANK GAKIN DI KABUPATEN JEMBER

Fefi Nurdiana Widjayanti Saptya Prawitasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis efektifitas keberhasilan program Bank Gakin di Kabupaten Jember, (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ibu-ibu keluarga miskin untuk mengikuti program Bank Gakin, (3) Mengetahui kontribusi pasca mengikuti program Bank Gakin terhadap kualitas keluarga. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Program Bank bank gakin di Kabupaten Jember berjalan efektif dengan beberapa indikator sebagai berikut: (a) jumlah kepala keluarga miskin yang ikut rentenir sudah tidak ada lai setelah mengikuti program Bank Gakin, (b) Berkembangnya budaya menabung dari sebanyak 5% kepala keluarga Miskin menjadi 53%, (c) pendapatan KK miskin semakin meningkat, (d) Meningkatnya kreativitas sejumlah KK Miskin, (e) Peningkatan modal sosial sebesar 81%, dan (f) Peningkatan modal kemandirian sebesar 98%; 2) Faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan ibu-ibu gakin untuk mengikuti program bank gakin yaitu faktor rendahnya pendapatan keluarga, kebutuhan primer yang belum terpenuhi, faktor keinginan memperbaiki gizi keluarga dan kepemilikan pekerjaan suami. 3) Pelaksanaan program Bank Gakin dapat meningkatkan kualitas keluarga yang ditandai oleh bertambahnya pendapatan keluarga, terpenuhinya ketahanan pangan keluarga dan kreativitas keluarga semakin berkembang.

Kata Kunci: Pemberdayaan perempuan, ketahanan pangan, dan Program Bank Gakin


Full Text:

PDF

References


Antar News, 2007. Presiden Yudhoyono Jelaskan Soal Angka Kemiskinan. http://www.Antar News.co.id.

Anymous, 2007. Banyak Program, Namun Kemiskinan Tetap Tinggi. http://www.menegpp.go.id Budisusetyo, A., T.H. Santoso, dan A. Pradopo, 2005. Analisa Kebijakan Penyaluran Raskin dalam Mendukung Ketahananan Pangan di Kabupaten Jember. Dalam Agrtrop, Vol. 3. Nomor 2 Tahun 2006:30-31. Dajan, 1991. Pengantar Metode Statistik Jilid II. LP3ES. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/agr.v13i2.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Fefi Nurdiana Widjayanti Saptya Prawitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats