RESPON UMUR PANEN DAN JENI S EKSTRAKSI TERHADAP MUTU BENIH PADA TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescen L)

Ahmad Husaini, Wiwit Widiarti

Abstract


Penelitian  bertujuan  untuk  mengkaji  pengaruh  tingkat  kemasakan  buah, metode ekstraksi yang paling efektif dan efisien, serta interaksi antara tingkat kemasakan buah dan metode ekstraksi terhadap kualitas benih cabai rawit (Capsicum frutescen). Penelitian dilaksanakan di   PT. Benih Citra Asia Desa Penanggungan Wirowongso Ajung Kabupaten Jember dengan ketinggian + 200 m dpl, dengan menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial, dua faktor 3 level dan diulang empat kali. Faktor pertama tingkat kemasakan buah (M) terdiri dari

: M1 (buah berubah warna ± 25-50% atau masak morfologis, berwarna orange), M2 (buah berubah warna 70-100% atau masak fisiologis, berwarna merah) dan M3 (buah terlalu masak berwarna merah dan kulit buahnya sudah lunak). Faktor kedua metode ekstraksi (E), terdiri dari E1 (buah dijemur hingga kulit buahnya kering, kemudian diekstraksi dan dikeringkan lagi), E2 (buah segar diekstraksi/dibelah, dicuci dengan air  dan  dikeringkan)  dan  E3  (Buah  segar  diekstraksi/diblender,  dicuci  dengan detergen, dibilas dan dikeringkan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemasakan  buah  yang  berbeda  berpengaruh  nyata  terhadap  parameter  kemurnian benih, dengan rata-rata tertinggi pada kemasakan over riper (M3) yaitu 95,96%. Metode ekstraksi yang berbeda berpengaruh nyata terhadap kemurnian benih, vigor kecepatan kecambah benih, daya kecambah benih dan berat 1000 butir benih. Metode ekstraksi secara basah dan dicuci dengan air (E2) cenderung menghasilkan rata-rata tertinggi terhadap keempat parameter tersebut dan warna benih  yang lebih cerah. Interaksi  antara tingkat kemasakan  buah dan  metode ekstraksi  berpengaruh  nyata terhadap kemurnian benih, vigor kecepatan kecambah benih, daya kecambah benih dan berat 1000 butir benih, dengan kombinasi perlakuan terbaik adalah kombinasi perlakuan buah terlalu masak dan metode ekstraksi dengan buah segar dan dicuci dengan  air  (M3E2)  yang  cenderung  memberikan  rata-rata  terbaik  pada  vigor kecepatan kecambah benih, daya kecambah benih dan kemurnian benih.

 

Kata kunci :    Cabai rawit (Capsicum frutescen), tingkat kemasakan buah, metode ekstraksi

References


Balai Pengembangan Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPMBTPH). 2004. Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura. Jakarta: BPS. 2010. Statistik Indonesia. Biro Statistik. Jakarta.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Hortikultura. 2009. Upaya Perbaikan Industri Benih Hortikultura untuk Mengurangi Impor Benih serta Pengembangan Sentra Produksi Hortikultura.

Harington, J.F. 1983. Seed Storage and Longevity. In. Kozlowski, T.T. (Ed). Seed

Biology Vol.II. Academic Press. New York. London.145-157.

Kuswanto, H. 1997. Dasar-dasar Teknologi, Produksi dan Sertifikasi Benih Yogyakarta: Andi Offset.

Nungardani. 2010. Mulok-Pertanian (Bertanam Cabai Rawit). http:

//guruprofesional.wordpress.com/materi-seni-budaya/mulok-perta-nian- bertanam-cabai-rawit/ (Diakses 05-05-2013) dalam Muhammad Hatta (2011)

Mugnisjah, W.Q. dan Asep, S. 1995. Pengantar Produksi Benih. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rukmana, H,. Rahmat. 2002. Usaha Tani Cabai Rawit. Kanisius. Yogyakarta. 88 hal. Sadjad, S, Endang, M. dan Satriyas, I. 1999.

Parameter Pengujian Vigor Benih dari Komparatif ke Simulatif dari Komparatif ke Simulatif sang Hyang Seri.

Sastrosupadi, A. 2000. Rancangan Percobaan Praktis Bidang Pertanian Yogyakarta: Kanisius.

Schmidt, L. 2000 Seed Processing, extrac from Guide to Handling of Tropical and Subtropical Forest Seed. Danida: Danida Forest Seed Centre.

Setiadi. 1992. Bertanam Cabai. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sumpena, U. 2005. Benih Sayuran. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sutopo, L. 2002. Teknologi Benih. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wikipedia. 2010. Cabai Rawit. http://id.wikipedia.org/wiki/Cabai_rawit (Diakses 13-

-2013).




DOI: https://doi.org/10.32528/agr.v15i1.793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ahmad Husaini, Wiwit Widiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats