OPTIMASI TRANSFORMASI GENETIKA MELALUI AGROBACTERIUM PADA TANAMAN PADI

Muhammad Hazmi, Netty Ermawati, Bambang Sugiharto

Abstract


Keberhasilan transformasi genetika pada tanaman padi sangat dipengaruhi oleh karakternya yang bersifat recalsitrant, terutama padi jenis indica yang banyak ditanam oleh petani di Indonesia. Oleh karena itu, optimasi metode selalu diperlukan sebelum melakukan transformasi genetika pada tanaman padi. Transformasi gen GUS sering digunakan sebagai sarana optimasi metode transformasi sebelum melakukan overekspresi gen yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan bahwa komponen transformasi gen melalui Agrobacterium tumefaciens dapat bekerja secara efektif pada tanaman padi. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Biosain Politeknik Jember dari bulan Maret sampai dengan Desember 2013. Konstruk gen GUS diperoleh dari Laboratorium Biologi Molekuler Universitas Jember. Padi yang digunakan adalah varietas Inpari 20 dari BPTP Malang dan CV Dongjin dari Korea Selatan sebanyak 20 biji dari setiap verietas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi gen GUS melalui Agrobacterium tumefaciens berhasil menginfeksi eksplan. Eksplan yang diinfeksi tumbuh pada media seleksi antibiotik higromisin sampai umur 65 hari setelah infeksi. Hasil uji GUS menunjukkan bahwa gen GUS tidak terekspresi pada tanaman Padi. Hal ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan DNA promoter dan plasmit pCAMBIA tidak kompatibel pada tanaman padi. Agrobacterium tumefaciens dapat digunakan untuk transformasi genetika pada tanaman padi, tetapi perlu DNA promoter dan plasmit yang kompatibel.

Kata kunci: Optimasi, transformasi, gen GUS,  Agrobacterium tumefaciens, dan padi.

References


Hazmi M., Iskandar, dan B. Sugiharto, 2011. Transformasi gena sucrose-phosphate synthase tebu melalui Agrobacterium tumefaciens pada tanaman padi (Oryza sativa L.). Agritech 13 (1): 15-26.

Jefferson, R.A. 1987. Assaying chimeric genes in plants: The gus gene fusion system. Plant Mol. Biol. Rep. 5: 287-405.

Mulyaningsih E.S., R. Hermawan, I. H. Slamet-Loedin. 2009. Genetic Transformation of Transcription Factor (35S-oshox4) Gene into Rice Genome and Transformant Analysis of hpt Geneby PCR and Hygromycin Resistance Test. Biodiversitas 10 (2): 63-69.

Ombori O., J.V.O. Muoma, and J. Machuka. 2013. Agrobacterium-mediated genetic transformation of selected tropical inbred and hybrid maize (Zea mays L.) lines. Plant Cell Tiss Organ Cult 113:11–23.

Sahoo K.K., A.K. Tripathi, A. Pareek, S.K. Sopory, and S.L. Singla-Pareek. 2011. An improved protocol for efficient transformation and regeneration of diverse indica rice cultivars. Plant Methods 7:49.

Sambrook J., E.F. Fritsh, and T. Maniatis, 1969. Moleculer Cloning a laboratory Manual. Cold Spring Harbor Laboratory Press. America.

Sugiharto B., Sakakibara H., Sumadi, and Sugiyama T., 1997. Differential expression of two genes for sucrose phosphate synthase in sugar cane: Molecular cloning of the cDNAs and comparative analysis of gene expression. Plant Cell Physiol. 38:961-965.




DOI: https://doi.org/10.32528/agr.v12i1.694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Muhammad Hazmi, Netty Ermawati, Bambang Sugiharto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats