Pengaruh Perendaman Bibit Bawang Merah Dengan Formulasi Biopestisida Untuk Mengendalikan Penyakit Moler (Fusarium oxysporum)

Dinda Rizka Rahayu, Sri Wiyatiningsih, Penta Suryaminarsih

Abstract


Bawang  merah  (Allium  ascalonicum L.) merupakan komoditas hortikultura primer dan banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari,   diantaranya   sebagai   bumbu masakan  dan  obat  tradisional. Salah satu OPT yang menyerang tanaman bawang adalah Fusarium oxysporum penyebab penyakit Moler. Sasaran serangannya yaitu bagian dasar dari umbi lapis. Tanaman bawang merah dapat tumbuh dengan optimal dengan perendaman bibit bawang merah selama beberapa menit dengan suhu 45º - 50℃ dan dapat mengurangi serangan penyakit moler. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial, yaitu pengambilan sampel sesuai dengan rancangan yang telah ditentukan pada setiap petakan lahan-lahan pertanaman bawang merah. Perlakuan yang digunakan yaitu perlakuan perendaman umbi menggunakan fobio selama 15 menit, 30 menit, 45 menit dan 60 menit. Terdapat 5 perlakuan yang diulang sebanyak 6 kali sehingga didapatkan 30 satuan percobaan. Setiap satuan percobaan diulang 3 kali, terdiri dari 100 tanaman bawang merah dengan jarak tanam 15 x 15 cm dan jarak barrier 50 cm.  Jumlah seluruh tanaman yaitu 3000 tanaman.  Formula Biopestisida adalah suatu produk ferementasi mikroorgansime yang dapat digunakan sebagai agens pengendali hayati dan sebagai PGPR yang diformulasikan dalam bentuk cairan sehingga mudah digunakan oleh petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan lama waktu terbaik perendaman umbi bawang merah dengan formulasi biopestisida untuk mengendalikan jamur Fusarium oxysporum penyebab penyakit moler.  Perendaman umbi bawang  merah dengan formulasi biopestisida fobio selama 60 menit memberikan hasil terbaik dalam menekan intensitas penyakit moler akibat Fusarium oxysporum.

Keywords


Bawang Merah; Bibit; Moler; Formulasi Biopestisida

References


Badan Litbang Pertanian. (2006). Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Bawang Merah. Jakarta. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian.

Kaeni, Eni, dkk. (2014). Efektifitas Suhu dan Lama Perendaman Bibit Empat Kultivar Bawang Merah (Allium cepa) pada Pertumbuhan dan Daya Tanggapnya Terhadap Penyakit Moler. Vegetalika vol 3 no 1 2014

Hasibuan, M., Delina, E., & Zulhaida, L. (2021). Membangun Sinergi antar Perguruan Tinggi dan Industri Pertanian dalam Rangka Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka [ Pemanfaatan Daun Mimba ( Azadirachta indica ) sebagai Pestisida Nabati ]. 5(1), 1153–1158.

Puspitorini, P., & Kurniastuti, T. (2019). Kajian Durasi Perendaman Auxin Natural Pada Pertumbuhan Dan Hasil Bawang Merah (Allium ascalonicum L). VIABEL: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.35457/viabel.v13i1.691

Ramamhoorty, V., R. Viswanathan, T, Raguchander, V. Prakasam, R. Samiyappan. (2001). Induction of Systemic Resistance By Plant Growth Promoting Rhizobacterian Crop Plant Against Pests and Diseases Crop Protection. 20: 1-11. http://rymoorthy.tripod.com/crop_protection.pdf (diakses 15 Oktober 2021)

Sari, R., & Prayudyaningsih, R. (2015). Rhizobium: Pemanfaatannya Sebagai Bakteri Penambat Nitrogen. Info Teknis EBONI, 12(1), 51–64.

Sudarmo. (2005). Pestisida Nabati dan Pemanfaatanya. Yogyakarta.: Kanisius. 60 Hal.

Sutopo, Lita. (2002). Teknologi Benih. Jakarta: Rajawali Press.

Sukaryorini, P., dan S. Wiyatiningsih. (2009). Peningkatan Hasil dan Ketahanan Kultivar Bawang Merah terhadap Fusarium oxysporum f.sp. cepae Penyebab Penyakit Moler Menggunakan Formula Suspensi Mikroorganisme. 10-24.

Triharyanto, E., Samanhudi, B. Pujiasmanto,dan D. Purnomo. (2013). Kajian Pembibitan dan Budidaya Bawang Merah (Allium Ascalonicum L) Melalui Biji Botani (True Shallot Seed). Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS Surakarta Dalam Rangka Dies Natalis Tahun 2013. Solo. UNS.




DOI: https://doi.org/10.32528/agritrop.v19i2.6337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dinda Rizka Rahayu, Sri Wiyatiningsih, Penta Suryaminarsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats