Kajian Fenologi Bunga Dan Uji Reseptivitas Stigma Serta Morfologi Polen Anggrek Kalajengking (Arachnis flosaeris ) Di Maguwoharjo, Sleman

Lora Yudistira, Tantri Swandari, Titin Setyorini

Abstract


Anggrek merupakan tanaman hias yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan banyak dibudidayakan dalam skala besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenologi bunga dan uji reseptivitas stigma serta morfologi polen anggrek Kalajengking (Arachnis flosaeris). Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah sebagai salah satu upaya untuk mengetahui waktu persilangan atau penyerbukan yang tepat bagi tanaman anggrek Kalajengking. Penelitian ini dilakukan di KP2 Institut Pertanian STIPER Yogyakarta, Maguwoharjo, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode percobaan yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) satu faktor yaitu fase stadium bunga dari mulai anthesis hingga gugur (hari) dengan unit percobaan sebanyak 20 tanaman. Data yang diperoleh selama pengamatan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif disajikan dalam bentuk deskriptif komparatif dengan foto untuk menunjukkan hasil pengamatan fenologi bunga berdasarkan tingkat kesegaran bunga. Data kuantitatif dari parameter jumlah gelembung oksigen pada stigma reseptif dan jumlah morfologi polen dianalisis dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bunga anggrek Kalajengking yang telah anthesis dapat bertahan selama rentang waktu 21 hari setelah itu apabila bunga tidak mengalami penyerbukan maka akan layu, mengering dan gugur. Waktu bertahannya bunga berlangsung cukup lama, sehingga tahap optimal reseptivitas stigma anggrek Kalajengking terjadi pada saat bunga di stadium H+12 setelah anthesis. Dari data hasil penelitian didapatkan unit morfologi polen amorf lebih banyak dibandingkan dengan unit morfologi polen tetramorf


Keywords


Anggrek Kalajengking, Anthesis, Fenologi, Stigma, Polen.

References


Anonim. 1997. Polen Germination with Fast Plants. University of Wisconsin. Madison.

Brewbaker, J.L. and B.H. Kwack. 1964. The calcium ion and substances influencing pollen growth. In H. F. Linskens (Ed.). Pollen Physiology and Fertilization. North-Holland Publishing Company. Amsterdam.

Clemants, S. 2004. The Best Orchid for Indoors. Brooklyn Botanic Garden, Inc. Washington.

Dafni, A. 1992. Pollinations Ecology A Practical Approach. Oxford University Press. New York.

Fewless, G. 2006. Phenology. University of Wisconsin. Green Bay.

Lord, E.M. and L.U. Kohorn. 1986. Gynoecial Development, Pollination, and The Path of Pollen Tube Growth in The Tepary Bean, Phaseolus acustifolius. Amer. J. Bot. 73 (1): 70-78.

Nita, S.R. 2015. Kajian Fenologi Perbungaan Anggrek Merpati (Dendrobium curmenatum Sw.) di Limau Manis Padang, Sumatera Barat. J.Bio.UA. 4 (3) : 188-192.

Soepadmo, E. 1989. Contribution of Reproductive Biological Studies Towards the Conservation and Development of Malaysian Plant Genetic Resources. dalam A.H. zakri (ed.) Genetic Resources of Underutilized Plants in Malaysia. Proceeding of The National Workshop on Plant Genetic Resources. Subang Jaya, Malaysia 23 Nov. 1988. Malaysia National Committee on Plant Genetic Resources. Malaysia. p: 1-41.

Suedy, S.W.A. 2012. Paleorekonstruksi Vegetasi Dan Lingkungan Menggunakan Fosil Polen Dan Spora Pada Formasi Tapak Cekungan Banyumas Kala Plio-Plistosen. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sutiyoso, Y. dan B. Sarwono. 2002. Merawat Anggrek. Cetakan 2. Penebar Swadaya. Jakarta.

Tabla, V.P. dan C.F. Vargas. 2004. Phenology and phenotypic natural selection on the flowering time of a deceit-pollinated tropical orchid, Myrmecophila christinae. Annals of Botany, 94(2): 243- 250.




DOI: https://doi.org/10.32528/agritrop.v18i2.3805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lora Yudistira, Tantri Swandari, Titin Setyorini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats