KOMPATIBILITAS BATANG BAWAH DENGAN BATANG ATAS PADA METODE GRAFTING TANAMAN DURIAN (Durio zibethinus Murr)

Widyana Rahmatika, Fajar Setyawan

Abstract


Durian menjadi salah satu buah yang memberikan nilai investasi tinggi bagi Indonesia. Namun, di Indonesia sendiri sedikit buah durian lokal yang bermutu tinggi yang dijual di pasaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi ialah kurangnya penyediaan bibit varietas unggul yang ada. Oleh karena itu perlu cara perbanyakan durian yang dapat menghasilkan bibit varietas unggul untuk menghasilkan produksi tinggi.Beberapa teknik perbanyakan yang disarankan dalam budidaya durian secara vegetatif, salah satunya menggunakan metode grafting. Grafting adalah menggabungkan batang bawah dan batang atas dari tanaman yang berbeda menjadi tanaman baru. Tujuan penelitian ini adalahMenghasilkan bibit durian unggul lokal Kabupaten Kediri yang berpotensi tumbuh dengan baik dengan metode sambung (grafting) dan Mendapatkan informasi kompatibilitas batang bawah dengan batang atas dalam kaitan dengan sifat unggul bibit dan tanaman yang dihasilkan. Pada penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) factorial. Parameter pengamatan meliputi Hubungan jumlah daun dengan panjang tunas, persentase keberhasilan grafting, Kandungan Peotein bagian tanaman,dan titik pertautan sambungan.Dari hasil penelitian Perlakuan varietas kelud dengan panjang entres 10 cm memberikan persentase keberhasilan grafting durian yang lebih tinggi dibandingka dengan perlakuan lainya.

Keywords


Durian, kompatibilitas, varietas

Full Text:

PDF

References


Ashari, S. 2006. Hortikultura Aspek Budidaya. UI Press. Jakarta. 490pp.

Fitrianah, Listin, Fatimah, Siti, Hidayati, Yunin. 2012.Pengaruh Komposisi Media Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Kandungan Saponin pada Dua Varietas Tanaman Gendola (Basella sp.). Agrovivor. Vol: 5. No: 1. Hal: 9.

Handayani, S, P. Roedhy, Sobir, P. Agus, dan M. E. Tri. 2013. Effect of Rootstock and Shoot Types on In Vitro Mangosteen (Garcinia mangostana) Micrografting. Journal Agronomi Indonesia. 41(1):47–53.

Hanoto, W. 2000. Pengaruh batang bawah dan zat pengatur tumbuh terhadap tumbuhan penyambungan tanaman manggis (Garcinea mangostana L). Jurnal Agrotropikal. 5(1):1-4.

Hariyono, D. 2013. Kajian masa pembungaan dan musim buah tanaman durian (Durio zibethinus Murr) lokal berbasis iklim diberbagai ketinggian tempat (Altitude). Disertasi program pasca sarjana, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang. 177 pp.

Hartman H.T and D.E. Kester. 1978. Plant propagation Principle and Practices. Prentice Hall INC Englewood. New York. p: 331.

Hartman, H. T., D. E. Kester, and F. T. Davies. 1990. Plant Propagation Principles and Practic. Fifth Edition. Prentice Hall International Inc., Englewood Cliffs. New Jersey.

Kostermans, A.J.G.H. 1958. The Genus Durio Adans. (Bombac). Reinwardtia 4(3): 47-153.

Lakitan B. 1996. Fisiologi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Lingga, P. dan Marsono. 2001. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta.

Riodevriza. 2010. Pengaruh Umur Pohon Induk terhadap Keberhasilan Stek dan Sambungan Shorea selanica BI. Skripsi. Departemen Silvikultur. Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor.Bogor.

Seferough G., F.E. Tekintas and Ozygit S. 2004. Determination Of Grafting Union Success In 0900 Ziraat And Stork Gold Cherry Cultivars On Gisela S And SL 64 Rootstocks. Journal Botany. 36(4):811-816.

Somari, S. 2008. Durian: Southeast Asia’s King of Fruits. Chronic Horticulture. 48 (4):19-22.

Supriadi, H dan N. Heryana. 2012. Sesuai batang bawah dan batang atas pada grafting jambu mete. Buletin RISTRI 3(2): 117-124.

Tambing, Y.2008. Kompatibilitas batang bawah nangka tahan kering dengan entris nangka asal Sulawesi tengah dengan cara sambung pucuk.Jurnal Agroland 15(2):95-100.




DOI: https://doi.org/10.32528/agritrop.v16i2.1810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyana Rahmatika, Fajar Setyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats