Strategi Pemberdayaan Petani Sayuran Organik Pada Kelompok Tani Suka Maju di Desa Kambitin, Kalimantan Selatan

Ayu Fitriani Miftahul Sholehah, Jabal Tarik Ibrahim, Rahayu Relawati

Abstract


Kegiatan pemberdayana petani adalah suatu aktivitas yang ada keterlibatan diantara anggota kelompok serta ketua dari kelompok tani yang diberdayakannya. Pemberdayaan petani sebagai usaha agar menunjang kemampuan kepada petani guna melakukan usaha tani yang lebih baik melalu pelatiha, penyuluhan serta pendampingan, pengembangan sistem serta penguatan kelembagaan petani. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk menganalisis faktor internal dan eksternal Kelompok Tani Suka Maju dalam pengembangan sayuran organik di Desa Kambitin Kabupaten Tabalong dan untuk menyusun strategi pemberdayaan sayuran organik pada Kelompok Tani Suka Maju di Desa Kambitin Kabupaten Tabalong. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang peneliti gunakan yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan responden. Penelitian ini melibatkan metode analisis SWOT. Teknik Pengambilan sampel yaitu secara sensus dengan menggunakan seluruh anggota Kelompok Tani Suka Maju. Hasil analisis faktor internal menunjukkan nilai skor indikator kekuatan sebesar 1.74 dan nilai skor indikator kelemahan sebesar 0.83. Hasil analisis pada faktor eksternal dengan nilai skor indikator peluang 1.28 dan nilai skor indikator ancaman sebesar 1.16. Nilai yang dihasilkan Analisis diagram SWOT pada sumbu X untuk faktor internal yakni 0.91 dan sumbu Y pada faktor eksternal yaitu 0.12. Berdasarkan hasil analisis SWOT diketahui bahwa strategi yang digunakan oleh Kelompok Tani Suka Maju adalah strategi agresif atau progresif yaitu mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan dan meningkatkan pendapatan. 


Keywords


Analisis SWOT, Sayuran organik, Strategi pemberdayaan

References


Adiyoga, W., & Basuki, R. S. (2019). Persepsi Petani Sayuran Tentang Dampak Perubahan Iklim di Sulawesi Selatan (Perception of Vegetable Farmers on the Impact of Climate Change in South Sulawesi). Jurnal Hortikultura, 28(1), 133. https://doi.org/10.21082/jhort.v28n1.2018.p133-146

Alfarisi, S. (2021). Strategi Pemasaran Usahatani Sayuran Organik Di Kota Ambon. Agrilan, 9(2), 190–207.

Ardiyaningrum, I., Budiastuti, S., & Komariah. (2020). Konservasi Lahan Kering Di Kecamatan Selo. Artikel Pemakalah Pararel, 2016, 114–118.

Ariadi, B. Y., Relawati, R., Szymoniuk, B., & Khan, W. A. (2021). The Factors Influencing Purchase and Willingness to Pay for Organic Vegetables. Sarhad Journal of Agriculture. https://doi.org/10.17582/journal.sja/2022.37.s1.207.218

Armaini, L., & Mahyuni, R. (2018). Pemilihan Vendor Pupuk Organik Dengan Menggunakan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment. 1(2).

Chaniago, S. A. (2014). Perumusan Manajemen Strategi Pemberdayaan Zakat. Jurnal Hukum Islam, 12(1), 87–101. https://doi.org/10.28918/jhi.v12i1.529

David L. Nelson, M. M. C. (2013). Pemurnian Parsial dan Karakterisasi Glukosa Oksidase dari Isolat Aspergillus niger (IPBCC.08.610). PLoS ONE, 2(9), 1–17.

Hartati, T. M., Ishak, L., Utara, K. T., & Organik, P. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Petani Di Kelurahan Tarau Pupuk Organik. 7(2), 243–251.

I Andayani, MV Roesmniningsih, W. Y. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/20221

Ibrahim, J. T. (2020). Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. UMM Press.

Juliana, J., Maleachi, S., Yulius, K. G., & Situmorang, J. (2020). Pelatihan Pembuatan Salad Sayur Hidroponik Dan Cara Pemasaran Yang Tepat Dalam E-Commerce. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 208–216. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.6980

Kamuntuan, N., londa, V. Y., & Tampongangoy, D. L. (2017). Pemberdayaan Kelompok Tani Di Desa Tolombukan Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Administrasi Publik UNSRAT, 3(046).

Laily, S. F. R. (2014). Pemberdayaan Petani Dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan (Studi Di Desa Betet Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(1), 147–153.

Ling, H. S. M. (2022). Analisa Kelayakan Usaha Pupuk Organik di Kabupaten Lombok Timur. Bestari, 2(2), 84–91. https://jurnalbestari.ntbprov.go.id/index.php/bestari1/article/view/44%0Ahttps://jurnalbestari.ntbprov.go.id/index.php/bestari1/article/download/44/30

Lumban, G. J. (2016). Perilaku Petani Sayur Dalam Pemanfaatan Pupuk Organik Di Kakaskasen Kota Tomohon Jesika Lumban Gaol Ventje V . Rantung Abstrack The Purpose of this study was to determine the behavior of vegetable farmers in the use of organic fertilizers . Data used in t. 12(November), 117–126.

Murdayanti, M., Ibrahim, J. T., & Baro, I. (2021). Farmer Empowerment Strategies Through Organic Vegetables Development. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 15(1), 113–126. https://doi.org/10.24843/SOCA.2021.v15.i01.p10

Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Ekonomi Bisnis, 9(2), 468–476.

Noor, S. (2014). Penerapan Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal INTEKNA, 14(2), 102–209.

Nur, T., Noor, A. R., & Elma, M. (2018). Pembuatan Pupuk Organik Cair Menggunakan Biokatalisator Biosca dan EM4. Konversi, 5(2), 5.

Permana, I., & Darwanto. (2016). Peran Kelompok Tani Sayuran Organik terhadap Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi Kasus Desa Batur, Kabupaten Semarang). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 23(2), 105–123.

Rahayuningsih, S. D., & Tain, A. (2021). Consumers Willingness to Pay and Factors Affecting Organic Vegetable Purchasing Decisions. Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business, 4(1), 01–12. https://doi.org/10.22219/agriecobis.v4i1.15506

Riyono, A., & Juliansyah, H. (2018). Pengaruh Produksi, Luas Lahan Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Petani Karet Di Desa Bukit Hagu Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ekonomi Pertanian Unimal, 1(2), 65. https://doi.org/10.29103/jepu.v1i2.522

Sarvina, Y. (2019). Dampak Perubahan Iklim Dan Strategi Adaptasi Tanaman Buah Dan Sayuran Di Daerah Tropis / Climate Change Impact and Adaptation Srategy for Vegetable and Fruit Crops in the Tropic Region. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, 38(2), 65. https://doi.org/10.21082/jp3.v38n2.2019.p65-76

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6

Syahyuti, N., Wahyuni, S., Suhaeti, R. N., & Zakaria, A. K. (2016). Arah Kebijakan Pascarevisi Undang-Undang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. Analisis Kebijakan Pertanian, 12(2), 157. https://doi.org/10.21082/akp.v12n2.2014.157-174

Yuarini P.O.S, D. A. A. I. K. S. I. D. (2015). Strategi Peningkatan Kualitas Produk Sayuran Segar Organik pada CV. Golden Leaf Farm Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis, 3(2), 26297.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v6i2.8371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                  

 

View My Stats