Keberlanjutan UMKM Berdasarkan Modal Sosial dan Triple Bottom Line

Waode Resty Septia Angreny, Wulan Sumekar, Agus Subhan Prasetyo

Abstract


UMKM merupakan unit usaha yang mendominasi kegiatan sektor ekonomi Indonesia, sehingga keberlanjutannya perlu dipertimbangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis modal sosial yang terbentuk untuk mencapai keberlanjutan usaha pada UMKM Griya Cokelat Nglanggeran. Penelitian dilaksanakan bulan Juni - Juli 2021 di Griya Cokelat Nglanggeran, Gunungkidul. Alasan pemilihan lokasi penelitian karena UMKM berada di Kecamatan Patuk, daerah yang mendominasi produksi kakao di Gunungkidul. Informan berjumlah 12 orang yang terdiri atas pengurus, pengawas, manajer, anggota UMKM dan tim pembubukan kakao, dipilih dengan metode purposive sampling. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Model analisis data menggunakan analisis model alir Miles dan Huberman dan di validasi dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan modal sosial yang terbentuk dalam Griya Cokelat Nglanggeran terdiri atas bonding, bridging dan linking social capital. Seluruh modal sosial mencakup jejaring sosial, kepercayaan serta norma di dalamnya. Modal sosial yang terbentuk menunjang Triple Bottom Line (ekonomi, sosial dan lingkungan) dalam kegiatan usaha. Hal-hal tersebut mampu menunjang terciptanya keberlanjutan usaha pada UMKM Griya Cokelat Nglanggeran.


Keywords


Ekonomi; Kakao; Keberlanjutan; Nglanggeran; Sosial

References


Elkington, J. (1997). Cannibals with Forks. Capstone Publishing Limited Oxford Centre for Innovation.

Fuad, M., Sara, O., & Daud, M. N. (2019). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Operating Leverage dan Financial Leverage terhadap Profitabilitas Perusahaan Sektor Retail di Bursa Efek Indonesia. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 5(2), 131. https://doi.org/10.31289/jkbm.v5i2.2206

Fukuyama, F. 2010. Kepercayaan (Kebajikan Sosial dan Penciptaan Kemakmuran). Yogyakarta : Qalam.

Hatzichronoglou, T. (1996). Globalisation and Competitiveness : Relevant Indicators. OECD Science, Technology and Industry Working Papers, 5(96), 1–62.

Ikasari, A. C. (2018). Tinjauan Model Kerjasama Daerah di Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 10(1), 279–288. http://dx.doi.org/10.1053/j.gastro.2014.05.023%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gie.2018.04.013%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29451164%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC5838726%250Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.gie.2013.07.022

Nurfirdaus, N., & Risnawati. (2019). Studi Tentang Pembentukan Kebiasaan Dan Perilaku Sosial Siswa (Studi Kasus di SDN 1 Windujanten). Jurnal Lensa Pendas, 4(1), 36–46. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/download/486/339/

Pereira, E., Loureiro, I., Ribeiro, P., Costa, S., Costa, N., & Arezes, P. M. (2019). Sustainable business strategies: What you think is what you do? Studies in Systems, Decision and Control, 202, 747–755. https://doi.org/10.1007/978-3-030-14730-3_78

Rabbani, G., Muzzammil, F., Rojiati, U., & Kurniawan, A. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Melalui Program Kelompok Mingguan (PKKM) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30–42. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ajpm/article/view/8902

Rachmawaty, D., Rochayanti, C., & Sosiawan, E. A. (2020). Komunikasi Interpersonal Pembina Rumah Singgah dan Anak Jalanan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2, 213–222. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/viewFile/3802/2862

Santoso, T. (2020). Memahami Modal Sosial (1st ed.). Saga Jawadipa.

Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif , Inovatif dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3, 27.

Scheffert, D. R. (2008). Strengthening Social Capital to Tackle Poverty. Rural Minnesota Journal, 3(1), 33–55.

Sembiring, M. J., Fattah, A., & Wahyudi, S. (2019). Kapabilitas Manajemen Hubungan Pelanggan Offline to Online Sebagai Pondasi Pemberdayaan Pengrajin Hasil Olahan Ikan Laut Masyarakat Pesisir Jawa Timur.

Sinarwati, N. K., Yuliarmi, N. N., & Utama, M. S. (2019). Social Capital and Sustainability of MSMEs. Prociding ICOGISS, 5 (293), 182–192.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Svensson, G., Høgevold, N., Ferro, C., Varela, J. C. S., Padin, C., & Wagner, B. (2016). A Triple Bottom Line Dominant Logic for Business Sustainability: Framework and Empirical Findings. Journal of Business-to-Business Marketing, 23(2), 153–188. https://doi.org/10.1080/1051712X.2016.1169119

Theodoraki, C., Messeghem, K., & Rice, M. P. (2018). A social capital approach to the development of sustainable entrepreneurial ecosystems: an explorative study. Small Business Economics, 51(1), 153–170. https://doi.org/10.1007/s11187-017-9924-0

Usman, S. 2018. Modal Sosial. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Yin, R, K. 2014. Studi Kasus Desain & Metode, Jakarta : Rajawali Press




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v6i1.6274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                

 

View My Stats