Upaya Mendukung Ketahanan Pangan Di Kabupaten Jember Melalui Peningkatan Daya Saing Jeruk Lokal

Teguh Hari Santosa, Atok Ainur Ridho

Abstract


Jeruk lokal sebagai salah satu bahan pangan yang perlu ditingkatkan keunggulanya (daya saingnya) sebagai salah satu cara untuk mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Jember.  Penelitian  bertujuan untuk mengukur daya saing jeruk lokal sebagai upaya untuk mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan di Desa Umbulsari, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember dengan mengambil sampel 40 responden secara random. Metode pengumpulan data menggunakan teknik PRA (Participatory Rural Appraisal) dan FGD (Focus Group Discussion),  dan Survey. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif, yakni  analisis DRCR   atau analisis keunggulan komparatif dan analisis PCR atau keunggulan kompetitif  serta analisis ketahanan pangan dan PCR. Hasil penelitian menunjukan bahwa daya saing kompetitif dan komparatif jeruk lokal keprok Siem  adalah tinggi yang ditunjukkan dengan nilai PCR  0,4261  dan nilai DRCR 0,4397. Daya saing kompetitif dan komparatif tinggi dan ketahanan pangan masyarakat Desa Umbulsari, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember pada kategori cukup mantap.  


Keywords


daya saing jeruk lokal; keunggulan komparatif dan kompetitif; ketahanan pangan

References


BPS. (2018). Kabupaten Jember dalam Angka.

BPS. (2020). Kabupaten Jember dalam Angka

Diperta Jember. (2015). Kabupaten Jember Dalam Angka.

Ichsan, M. C dan H. Prayugingsih. (2015). Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing Jeruk Lokal untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pedesaan. Jurnal Agritrop, Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jember. Vol. 13 No.2: 144-153. From http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/AGRITROP/article/view/85/60

Mukojian. (2013). Jember Raja Jeruk. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Monke, E. A. and S. R. Parson. (2016). The Policy Analysis Matrix for Agriculture Development. Cornell University Press. Ithaca and London.

Purwanto, R. (2015). Program Pengembangam Jeruk Siam di Indonesia. Balitjestro, Balitbang Pertanian, Jakarta.

Sutopo. (2014). Budidaya Tanaman Jeruk. Balai Penelitian Jeruk dan Buah Sub Tropika. badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Soetriono. (2012). Penetapan harga bayangan dengan perhitungan DRCR. Universitas Jember.

Yanti, M., Oktarina, N. Qomariah dan T. H. Santoso. (2012). Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat dan Ketahanan Pangan di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Jember.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v5i2.5405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                       

 

View My Stats