Kelayakan Usahatani Hidroponik Pakcoy Yang Dibudidayakan Dirumah Selama Pandemi COVID-19

Erlin Widya Fatmawati, Ferica Agustin, Wahyu Aditya Pratama

Abstract


Usahatani Hidroponik Pakcoy merupakan salah satu alternative usaha yang dapat diterapkan selama dirumah untuk menghadapi masa pandemic covid-19 sebagai upaya ketahanan pangan selama dirumah saja dan juga sebagai upaya pemanfaatan lahan yang sempit tanpa menggunakan tanah.  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar keuntungan usahatani Pakcoy sistem Hidroponik di rumah selama masa pandemic covid-19 dengan menggunakan perhitungan biaya produksi usahatani, dan penerimaan usahtani Pakcoy dan untuk mengetahui efisiensi usahatani Pakcoy sistem Hidroponik di rumah selama masa pandemic covid-19 dengan metode perhitungan R/C ratio. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa rata-rata keuntungan yang didapatkan oleh petani hidroponik packcoy dalam setiap kali produksi adalah sebanyak Rp. 301.652,-. Berdasarkan perhitungan R/C ratio didapatkan hasil 2,1 yang dapat disimpulkan bahwa usahatani hidroponik Packcoy ini layak untuk dilanjutkan.

Keywords


Kelayakan; Hidroponik

References


Ismail, M. K. (2019). ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI HIDROPONIK MATUARI DI KELURAHAN PANIKI BAWAH KOTA MANADO. Journal of Agribusiness and Rural Development (Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Pedesaan), 153-161.

Kediri, P. (2018, Juli 28). www.kedirikota.go.id. Retrieved Desember 05, 2020, from Pemkot Kediri: https://www.kedirikota.go.id/p/produk-unggulan/11138652/kota-kediri-juga-punya-sayur-hidroponik

Nubatonis, A. (2016). Analisis Pendapatan Usahatani Sawi di Desa Humusu Oekolo Kecamatan Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Agrimor, 1-2.

Rahman, M. S. (2021). ANALISIS USAHATANI SAYURAN HIDROPONIK SAWI (Brassica rapa L.). Jurnal Agribisnis Komunikasi Pertanian, 17-24.

Sigit. (2002). Analisa Break EvenRancangan Linier Secara Ringkas dan Praktis Cetakan ke-9. Yogyakarta: BPFE.

Soekartawi. (2006). Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia.

Suratiyah. (2008). Ilmu Usahatani. Jakarta: Penebar Swadaya.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v5i2.4279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                

 

View My Stats