Model Peningkatan Daya Saing Kopi Robusta Bagi Petani Di Kabupaten Bondowoso

Teguh Hari Santosa, Oktarina Oktarina, Danu Indra Wardhana

Abstract


Daya saing kopi rakyat dari masyarakat pinggiran hutan umumnya rendah yang berakibat pada lemahnya ekonomi masyarakat. Upaya peningkatan daya saing kopi rakyat tersebut akan memperkokoh ekonomi masyarakat melalui perbaikan teknologi budidaya, pengolahan pasca panen, struktur industri dan kondisi permintaan terhadap kopi rakyat.    Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui daya saiang kopi robusta dikabupaten bondowoso. Untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan metode survei. Penelitian ini telah dilakukan di Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso selama 6 bulan pada tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  daya saing kompetitif dan komparatif kopi rakyat hasil olah kering  adalah tinggi yang ditunjukkan dengan nilai PCR  0,4261  dan nilai DRCR 0,4397.  Kopi olah basah juga mempunyai daya saing  kompetitif tinggi dengan nilai PCR 0,3679, namun daya saing komparatif cukup tinggi dengan nilai DRCR 0,5135. Meskipun daya saing kompetitif dan komparatif tinggi, namun keuntungan rata-rata per hektar kopi rakyat olah kering hanya sebesar Rp 743.681/ha/bulan lebih kecil dari UMR Kabupaten Bondowoso dan memberikan kontribusi kepada pendapatan keluarga sebesar 33,96%.  Sedangkan kopi olah basah meskipun mempunyai daya saing komparatif dengan kategori cukup tinggi namun keuntungannya lebih tinggi, yaitu Rp 1.483.742/ha/tahun  dan mempunyai kontribusi 48,05% terhadap pendapatan keluarga. Terdapat enam sarana produksi yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing kopi rakyat, yaitu sumberdaya manusia, teknologi, modal, bahan baku, mesin dan pasar.


Keywords


kopi rakyat; daya saing kompetitif; daya saing komparatif

References


Agustian, A. 2007. Daya Saing dan Profil Produk Agroindustri Skala Kecil (Kajian di Propinsi Lampung). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Inovatif Pasca Panen untuk Pengembangan Agroindustri Berbasis Pertanian. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian. Hal. 979 – 989.

BPS, 2011. Jember dalam Angka. Kerjasama Badan Perencana Pembangunan Kabupaten Jember dengan BPS Kabupaten Jember.

Direktorat Jenderal Bina Produksi Perkebunan. 2007. Kebijakan dan Strategi Pembangunan Perkopian Nasional. Warta Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, 19 (1): 1 – 8.

Kustiari, R. 2007. Perkembangan Pasar kopi Dunia dan Implikasinya bagi Indonesia. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Hal. 43 – 55.

Monke, E. A. and S. R. Parson. 2006. The Policy Analysis Matrix for Agriculture Development. Cornell University Press. Ithaca and London.

Prayuginingsih, H.; F. Kuswantoro; T.H. Santosa, N.S. Rizal dan A.B. Susetyo. 2007-2008. Analisis Keuntungan Usahatani Kopi Arabika Organik di Kabupaten Aceh Tengah Propinsi Aceh. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal Agritrop (Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian). Vol. 3, No.2, 2008.

Rahman, R., A. Nuhung, dan M. Rachmat. 2007. Studi Pengembangan Sistem Agribisnis Perkebunan Rakyat dalam Perspektif Globalisasi Ekonomi. Makalah Seminar Hasil Penelitian. Puslitbang Sosek Pertanian. Bogor.

Santosa, T.H.; H. Prayuginingsih; dan N.S. Rizal. 2009-2010. Konservasi Hutan Lindung dan PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat) antara Perhutani Kabupaten Jember dan Bondowoso Dengan Masyarakat Pinggiran Hutan. Jurnal Agritrop (Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian). Vol. 5, No.2, 2010.

Santosa, T.H.; H. Prayuginingsih; dan N.S. Rizal. 2011-2012. Analisis Mutu dan Produktivitas Kopi Rakyat pada Masyarakat Pinggiran Hutan di Kecamatan Ledokombo, Jember dan Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso. Jurnal Agritrop (Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian). Vol. 7, No.1, 2012.

Simatupang, P. 2008. Koordinasi Vertikal Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pendapatan dalam Era Globalisassi Ekonomi (kasus Agribisnis Kopi). Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian, Bogor.

Soetriono. 2012. http://irtusss.blogspot.com/2011/02/analisis-finansial-dan-ekonomi. html.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v4i2.3405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                       

 

View My Stats