Analisis Pendapatan Pedagang Sayur Keliling Di Kecamatan Sukorambi Jember

Ahmad Sauqi

Abstract


Penelitian dengan judul Analisis Pendapatan Pedagang Sayur Keliling Di Kecamatan Sukorambi Jember ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan atau keuntungan yang diperoleh oleh pedagang sayur di Kecamatan Sukorambi. Penelitian ini dilaksankan selama 2 bulan yakni awal bulan Juni 2019 sampai dengan akhir bulan Juli 2019, dilaksanakan di daerah Kecamatan Sukorambi Jember tepatnya di 3 Desa yakni Desa Sukorambi, Karangpring dan Desa Klungkung. Menggunakan teknik multistage sampling dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang. Metode analisis data menggunakan revenue cost ratio atau biasa disebut r/c ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan kotor dari pedagang sayur di Kecamatan Sukorambi Jember adalah 10 % dari biaya tunai ( biaya variabel dalam bentuk kulakan barang dagangan ). Para pedagang sayur keliling di Kecamatan Sukorambi Jember mendapatkan rata-rata pendapatan bersih Rp. 39.640 setiap harinya. Kegiatan usaha berdagang sayuran keliling ini layak untuk dikerjakan dan dikembangkan karena berdasarkan RC ratio nilainya adalah lebih besar dari 1.


Keywords


Analisis; Pendapatan; Pedagang; Sayur; Sukorambi

References


BPS 2019. ( 2019 November 25). https://www.bps.go.id

Heizer, Jay., Render, Barry. (2009). Manajemen Operasi Buku 1 Edisi 9 Edisi Terjemahan oleh Chriswan Sungkono. Jakarta: Salemba Empat.

Kusnadi. (2000). Akuntansi Keuangan Menengah (Prinsip, Prosedur dan Metode) Edisi Ke 21. Jakarta: Salemba Empat.

Kuswandi. (2005). Meningkatkan Laba Melalui Pendekatan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v4i2.3295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                       

 

View My Stats