Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Starbucks Coffee
Abstract
Perkembangan dunia bisnis di bidang kopi sangat pesat sehingga mengharuskan perusahaan untuk memahami perilaku konsumen agar dapat bersaing dengan perusahaan lain dan mampu menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi konsumen, persepsi konsumen dan gaya hidup konsumen terhadap keputusan pembelian. Data dikumpulkan dari 150 konsumen yang berdomisili di Kecamatan Sumbersari, Kaliwates dan Patrang, Kabupaten Jember dan pernah melakukan pembelian di Starbucks Coffee di wilayah Indonesia. Analisis data menggunakan Partial Least Squares SEM (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian, persepsi konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan gaya hidup konsumen juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, serta motivasi konsumen, persepsi konsumen, dan gaya hidup konsumen secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
taIndonesia.id. (2022). Konsumsi Kopi Indonesia Terbesar Kelima di Dunia pada 2021. Retrieved fromhttps:// dataindonesia.id /sektor-riil/detail/konsumsi-kopi-indonesia-terbesar-kelima-di-dunia-pada-2021
Fandi, F., & Juwita, R. (2022). Pengaruh Motivasi, Persepsi, Kepercayaan Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Netflix Di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(2), 142-150. https://doi.org/10.35957/prmm.v3i2.2316
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Fornell, C., & Larcker, D. F. (1981). Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error. Journal of marketing research, 18(1), 39-50.
Ghozali, Imam. (2011). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit-Undip
Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128
Hair, J. F., Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Mena, J. A. (2012). An assessment of the use of partial least squares structural equation modeling in marketing research. Journal of the Academy of Marketing Science, 40(3), 414–433. https://doi.org/10.1007/s11747-011-0261-6
Ivan, I. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Tan Authentic. Agora, 7(2).https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/ download /9569/8640
Kadeari, N. L. E., & Heryanda, K. K. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Layanan “Music Spotify Premium” Studi Kasus pada Generasi Milenial di Bali. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 276-283. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.32533
Kalputri, S. F. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Olive Fried Chicken di Glagahsari Yogyakarta. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 2(2), 92-99.https://doi.org/10.37385/msej.v2i2.205
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Lomboan, R., Tampi, J. R., & Mukuan, D. D. (2020). Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Manado Town Square. Productivity, 1(3), 256-260.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/viewFile/29722/28789
Maney, K., & Mathews, S. (2021). A Study Of The Impact Of Lifestyle On Consumer Purchase Decision Of Young Indians. AIMS International Journal of Management, 15(2), 89.10.26573/2021.15.2.2
Miswanto, M., Salsabila, I., & Kusmantini, T. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Gerai Starbucks Pada Generasi Z Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 30(2), 70-86.https://doi.org/10.32477/jkb.v30i2.444
Mowen, J. C., dan Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Ompusunggu, M. P., & Djawahir, A. H. (2014). Gaya hidup dan fenomena perilaku konsumen pada Warung Kopi di Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(2), 188-196.https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/viewFile/640/646
Pramezwary, A., Juliana, J., Winata, J., Tanesha, R., & Armando, T. (2021). Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19. Perspektif: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 19(1), 24-31.https://doi.org/10.31294/jp.v19i1.9376
Putri, D. N., & Deliana, Y. (2020). Perbedaan Preferensi Konsumen Generasi Z antara Coffee Shop Besar dan Coffee Shop Kecil di Kecamatan Coblong Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1),77-89.http://dx.doi.org/10.25157/ma.v6i1.2685
Rachman, R., Rauf, A., & Savina, A. D. (2022). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Pada Konsumen Minimarket Parabot Mart Sumbawa Besar). Samalewa:Jurnal Riset & Kajian Manajemen, 2(2), 284-292.https://doi.org/10.58406/samalewa.v2i2.1032
Ratih, P. A. R., & Rahanatha, G. B. (2020). The Role Of Lifestyle In Moderating The Influence Of Sales Promotion And Store Atmosphere On Impulse Buying At Starbucks. AJHSSR, 4(2), 19-26.http://www.ajhssr.com/wp-content/uploads/2020/02/D20421926.pdf
Rifa'i, A., & Khristianto, W. (2004). The Effects of Customer’s Psychological Factors on the Decision for Joining Syariah Folk Credit Banking. Istecs Journal, (1), 73-86.
Rumondang, A., Sudirman, A., & Sitorus, S. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Schiffman, Leon G. & Lesli Lazar Kanuk. (2000). Consumer Behaviour, 7th Edition. Upper Saddle River. New Jersey: Prentice Hall Inc
Setiadi J ,Nugroho. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group
Shiratina, A., & Afiatun, P. (2017). Pengaruh Persepsi Konsumen dan Motivasi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Kain Rajut. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 7(1), 89-108.10.34010/JURISMA.V7I1.472
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Suhartini, M., Khotimah, K., & Hidayat, R. (2020). Persepsi Konsumen dan Pengambilan Keputusan Pembelian Terhadap Produk Sehat Di Asri Organik-Sehat Tambakrejo Jombang. AGROSAINTIFIKA, 2(2), 131-146.https://doi.org/10.32764/agrosaintifika.v2i2.885
DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v7i2.19616
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Agribest
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
INDEXING SERVICES