ANALISIS FINANSIAL PETERNAKAN AYAM BURAS BERDASARKAN SKALA USAHA DI KABUPATEN JEMBER

Saptya Prawitasari, Edhi Siswanto

Abstract


Penelitian ini berujuan untuk mengetahui kelayakan usaha, tingkat keuntungan usaha ternak ayam buras secara finansial ditinjau dari skala usaha.  Penelitian berlokasi di Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember. Data yang digunakan  adalah data primer dan data sekunder, sedangkan alat analisisnya yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis disajikan dalam bentuk tabel dan diberikan penjelasan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Usaha ternak ayam buras skala besar, skala menengah, dan skala kecil di Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember layak untuk diusahakan ditinjau dari aspek finansial. Usaha ternak ayam buras skala besar menunjukkan nilai NPV yang positif Rp. 16.703.271; nilai Gross B/C lebih dari 1; nilai Net B/C lebih dari 1; nilai IRR lebih dari suku bungan yang berlakui  dengan Payback Periode 10,3 bulan. Usaha ternak ayam buras skala menengah menunjukkan nilai NPV Positif Rp  3.019.804; Gross B/C lebih dari 1; Net B/C lebih dari 1; IRR lebih besar dari suku bunga yang berlaku  dengan Payback Periode 7,7 bulan. Usaha ternak ayam buras skala kecil ditinjau dari aspek finansial layak untuk diusahakan, karena nilai NPV positif Rp 5.754.108; nilai Gross B/C lebih 1; nilai Net B/C lebih 1; nlai IRR lebih besar dari suku bunga berlaku dengan Payback Periode 9,5 bulan. (2) Ada perbedaan tingkat keuntungan dalam usaha ternak ayam buras berdasarkan skala usaha.

Keywords


Keuntungan, kelayakan usaha, ternak ayam

Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Jember. 2014. Kecamatan Jombang Dalam Angka Tahun 2014. Kabupaten Jember: Badan Pusat Statistk Kabupaten Jember.

Kadariah. 1988. Evaluasi Proyek Analisa Ekonomis. Edisi Ke-2. Universitas Indonesia: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi.

Pustakadunia. 2014. Analisa Financial Usaha Budidaya Ayam Buras / Bebek Dan Produk Turunannya. http://www.pustakadunia.com/artikel-pustaka-umum/analisa-financial-usaha-budidaya-Ayam Buras-bebek/. Diakses tanggal 4 Juni 2014.

Silvia. 2014. Analisis Kelayakan dan Sensitivitas Agribisnis Buah Naga. Skripsi (tidak dipublikasikan). Jember: Universitas Muhammadiyah.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v2i2.1624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                  

 

View My Stats