ANALISIS KEUNTUNGAN DAN EFISIENSI PENGGUNAAN BIAYA USAHATANI KOPI RAKYAT ROBUSTA DI KECAMATAN SUMBER WRINGIN KABUPATEN BONDOWOSO

Ella Imaniar Sari, Edy Sutiarso, Syamsul Hadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat keuntungan di antar strata luas lahan usahatani kopi rakyat robusta, untuk mengetahui perbedaan tingkat efisiensi penggunaan biaya antar strata luas lahan dalam usahatani kopi rakyat robusta, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan usahatani kopi rakyat robusta. Penentuan daerah penelitian ini adalah purposive method. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Data yang digunakan adalah data primer yaitu fungsi keuntungan yang didapatkan dari fungsi produksi Cobb Douglass serta uji validasinya (uji F, uji t, uji z dan koefisien determinasi ganda) dan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur dan instansi terkait. Sampel ditentukan menggunakan metode random sampling sebanyak 60 petani kopi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani kopi di Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso menguntungkan dengan rata-rata keuntungan per hektar sebesar Rp 5.184.611,-. Jika dilihat berdasarkan skala luas lahan, maka rata-rata keuntungan petani lahan luas Rp 6.007.040,-.  lebih besar daripada petani lahan sempit Rp 4.362.183,-, Faktor-faktor keuntungan yang berpengaruh secara signifikan terhadap keuntungan usahatani kopi yaitu produktivitas, luas lahan, jumlah tanaman dan biaya produksi. Umur tanaman berpengaruh tidak signifikan terhadap keuntungan usahatani kopi. Penggunaan biaya produksi pada usahatani kopi sudah efisien, dengan R/C sebesar 1,85. Sementara dilihat dari strata luas lahan, petani lahan luas sebesar 2,06 lebih efisien dibandingkan petani lahan sempit sebesar 1,63.


Keywords


keuntungan, efisiensi penggunaan biaya, usahatani, kopi robusta.

Full Text:

PDF

References


AEKI (Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia). 2013. Perkembangan Harga Kopi Terminal. http://www.aeki-aice.org/page/perkembangan-harga-kopi-terminal/id, Diakses tanggal 3 Mei 2016.

Nasir, M. 2003. Metode Penelitian. Salemba Empat, Jakarta.

Soekartawi. 1993. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, Teori dan Aplikasi. Edisi Revisi. Penerbit Rajawali. Jakarta

Sukirno S. 2001. Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Edisi kedua. Raja Grafindo, Jakarta.

Sutiarso, E. 2010. Analisis Regresi Sederhana, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jember. Jember.

Wally, A.F. 2001. Analisis Keuntungan dan Efisiensi Alokatif Usahatani Kopi Rakyat di Jaya Wijaya Irian Jaya. Tesis (Tidak Dipublikasikan). Departemen Agribisnis, Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.32528/agribest.v2i1.1380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXSING SERVICES

  

 

 

 

View My Stats