ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN KEUNTUNGAN USAHATANI BUAH NAGA BERDASARKAN SKALA USAHA DI KECAMATAN TEGALSARI, KABUPATEN BANYUWANGI

Nana Lutfi Sintia, Henik Prayuginingsih, Fefi Nurdiana Wijayanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui produktivitas usahatani buah naga skala sempit lebih rendah dan  skala luas; (2) Untuk mengetahui biaya produksi usahatani buah naga skala sempit dan  skala luas; (3) Untuk mengetahui keuntungan usahatani buah naga skala sempit dan  skala luas.  Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif dan survey dengan lokasi penelitian dipilih secara purposive method, yaitu di Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode Disproportioned Random Sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan instansi. Analisis data menggunakan uji beda Z.  Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa; (1) Produktivitas usahatani buah naga untuk petani skala sempit lebih rendah dibandingkan dengan skala luas. Produktivitas buah naga untuk golongan petani skala sempit sebesar 7.190 kg/ha, sedangkan untuk skala luas sebesar 8.883 kg/ha. Perbedaan ini secara statistik signifikan pada taraf uji 1%; (2) Biaya produksi usahatani buah naga untuk petani skala sempit lebih besar dibandingkan dengan skala luas. Biaya produksi untuk golongan petani skala sempit sebesar Rp. 24.982.190/ha dan skala luas sebesar Rp. 21.022.842/ha. Perbedaan ini secara signifikan pada taraf uji 5%; (3) Keuntungan usahatani buah naga untuk petani skala sempit lebih rendah dibandingkan dengan skala luas. Keuntungan usahatani  buah naga golongan petani sempit sebesar Rp. 32.539.379/ha dan skala luas sebesar Rp. 50.043.825/ha. Perbedaan ini secara signifikan pada taraf uji 5%.


Keywords


Biaya, Produktivitas, Keuntungan, Buah Naga.

Full Text:

PDF

References


Adiyanto, J. 2011. Strategi Pengembangan Produksi Buah Naga Merah di Kabupaten Sukoharjo. Skripsi (dipublikasikan). Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Boediono. 1982. Ekonomi Mikro. BPFE. Yogyakarta.

Departemen Pertanian. 2015. Peluang Budidaya Buah Naga. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian. Jakarta.

Singarimbun, M. 1981. Metode Penelitian Survey. PT Pustaka LP3ES. Jakarta.

Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani. UI-Press. Jakarta.

Sukirno, S. 2001. Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Edisi Kedua. Rajawali Press. Jakarta.

Supranto, J. 2009. Statistik Teori dan Aplikasi. Edisi ketujuh Jilid 2. Erlangga. Jakarta.

Sutiarso, E. 2015. Pedoman Teknik Penulisan Proposal Penelitian. Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jember. Jember.

Witrianto. 2011. Ada Apa dan Siapa Petani. Blogdetik.com. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32528/agribest.v2i1.1372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXSING SERVICES

  

 

 

 

View My Stats