STUDI KOMPARATIF USAHA PERKEBUNAN KOPI ROBUSTA DAN KOPI ARABIKA DI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER

Wisnu Abimanyu, Syamsul Hadi, Atok Ainur Ridho

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perbedaan produktivitas lahan dan keuntungan perkebunan kopi robusta dan arabika di Kabupaten Panti Kabupaten Jember. (2) untuk mengetahui efisiensi biaya usaha perkebunan kopi robusta dan arabika di Kecamatan Panti Kabupaten Jember (3) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi produksi kopi robusta dan kopi arabika di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan komparatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Dispropotional Random Sampling. Peneliti menggunakan wawancara dan catatan untuk mengumpulkan data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) rumus produktivitas (2) analisis profit dan efisiensi biaya (3) regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Perbedaan luas produktivitas kopi robusta dan arabika sebesar 1.330 kg / ha untuk robusta dan 1.150 kg / ha untuk kopi arabika (2) perbedaan laba bisnis robusta dan arabika menunjukkan bahwa keuntungan Rata-rata Robusta adalah Rp 13.276.003 / ha dan Rp 15.282.105 / ha untuk kopi arabika (3) untuk perbedaan efisiensi biaya robusta adalah 1,86 dan 1,89 untuk kopi arabika. Faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap produktivitas robusta dan arabika adalah luas lahan (X4), dan varietas tiruan (D1). Sedangkan faktor-faktor yang tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi adalah pupuk anorganik (X1), pupuk organik (X2), populasi (X3), tenaga kerja (X5), dan pengalaman (X6)


Keywords


usaha perkebunan kopi, produktivitas, keuntungan, efisiensi biaya

Full Text:

PDF

References


Hossana. A, 2009, Analisi Usahatani Kopi di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo. Skripsi. Fakultas pertanian Universitas Sumatera Utara. Medan.

Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Singarimbun dan Efendi.1995. Metode Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta.

Suseno, A. 2013. Analisis Usahatani Kopi Rakyat dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Total keluarga di Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso. Skripsi. Universitas Negeri Jember. Jember.

Sutiarso, Edy. 2010. Analisis Regresi Sederhana, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Fakutas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Jember. Jember.

Thamrin, Syahruni. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Usahatani Kopi Arabika di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan. Skripsi. Politeknik Pertanian Pangkep. Sulawesi Selatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.32528/agribest.v2i1.1370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXSING SERVICES

            

 

 

View My Stats