Analisis efisiensi biaya dan prospek pengembangan Usaha pembibitan jeruk siam di Desa Bangorejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi

Nur Amalah, Anik Suwandari, Ebban Bagus Kuntadi

Abstract


Tanaman jeruk siam merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, dalam pengusahaan bibit jeruk siam yang berkualitas, ketersediaan entres di BPMT berperan penting terhadap keberlangsungan usaha pembibitan jeruk siam dalam memenuhi permintaan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk menetukan efisiensi biaya dan prospek pengembangan usaha pembibitan jeruk siam. Penetuan lokasi penelitian dengan menggunakan purposive method. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan analitis. Analisis data menggunakan R/C Ratio, Pendapatan, dan Analisis SWOT. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan biaya dalam satu kali produksi pada usaha pembibitan jeruk siam adalah efisien dan pendapatan petani menguntungkan. Berdasarkan analisis SWOT usaha pembibitan jeruk siam berada pada posisi White Area.

Keywords


Efisiensi Biaya, Penerimaan, dan Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Faisal, S. 2003. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nazir, Moh. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Puslitbanghorti. 2013. Pusat Penelitian dan Pengembangan hortikultura: Litkajibangdiklatluhrap. [Serial Online]. (12 Mei 2014).

Rangkuti, Freddy. 2011. SWOT Balanced Scorecard: Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja dan Resiko. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v1i1.1250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                

 

View My Stats