Analisis Respon Penawaran Padi Indonesia

Anang Sulistyo, S Syafrial, Ratya Anindita

Abstract


Beras merupakan bahan pangan bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Penawaran beras di Indonesia terdiri dari produksi dalam negeri dan impor dari negara lain. Ketergantungan terhadap beras impor dari tahun ke tahun cukup tinggi, yaitu 500 ribu sampai 2 juta ton per tahun.Peningkatan produksi padi merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengurangi impor. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis perkembangan penawaran padi Indonesia, (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi luas areal panen padi Indonesia,  (3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhiproduktivitas padiIndonesia dan  (4) Menganalisisrespon (elastisitas) penawaran padi Indonesia dalam jangka pendek dan jangka panjang.Metode analisis yang digunakan yaitu dengan pendekatan model respon penawaran Nerlove. Hasil analisis menunjukkan bahwa elastisitas penawaran padi Indonesia dalam jangka pendek sebesar 0,088 dan elastisitas jangka panjang sebesar 0,153.Hal ini menunjukkan bahwa petani padi respon terhadap perubahan harga. Nilai elastisitas ini berada pada kisaran inelastis, artinya presentase perubahan penawaran lebih kecil daripada harganya yaitu sebesar 0,088 persen dalam jangka pendek dan 0,153 persen dalam jangka panjang sebagai akibat perubahan 1 persen harga gabah.

Keywords


beras, impor, produksi, elastisitas

Full Text:

PDF

References


Anindita, R. 2008. Pendekatan Ekonomi untuk Analisis Harga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Amang, B dan Sawit, M.H. 1999. Kebijakan Beras dan Pangan Nasional Pelajaran dari Orde Baru dan Era Reformasi. Jakarta: IPB Press.

Ariani, M. 2010. Diversifikasi Konsumsi Pangan Pokok Mendukung Swasembada Beras. Prosiding Pekan Serealia Nasional. http://balitsereal.litbang.pertanian.go.id

Bappenas. 2013. Studi Pendahuluan Rencana Pembangunan Jangka MenengahNasional (RPJMN) Bidang Pangan dan Pertanian 2015-2019.Jakarta

Braulke, M. 1982. A Note On the Nerlove Model Of Argicultural Supply Response. International Economic Review 23(1):241-246.

Gujarati, Damodar N. 2003. Basic Econometric, Fourth Edition. United States Military Academy, West Point. Mc Graw Hill Companies. New York.

Hanani, Nuhfil. Diversifikasi Konsumsi Pangan. http:// nuhfil.lecture.ub.ac.id/files/.../8diversifikasi-konsumsi-pangan-8.pdf.

Leaver, R. 2004. Measuring the Supply Response Function of Tobacco in Zimbabwe. Agrekon, Vol 43, No 1.

Nerlove, M. 1958. The Dynamic Of Supply: Estimation of Farmers Response to Price. The John Hopkins Press, Baltimore, United State of America.

Solahuddin, S. 2009. Pertanian : Harapan Masa Depan Bangsa. IPB Press, Bogor.

Suryana, A., J. Winoto, B. Krisnamurthi, dkk. 2001. Bunga Rampai Ekonomi Beras. Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Badan Bimas Ketahanan Pangan Departemen Pertanian dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v1i1.1249

Refbacks



Copyright (c) 2017 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                  

 

View My Stats