Faktor-faktor yang mendasari pengambilan keputusan Petani tebu bermitra dengan PG. Djatiroto

Bella Dyah Valentine, Ebban Bagus Kuntadi, Rudi Hartadi

Abstract


Bahan baku tebu di PG. Djatiroto diperoleh dari  tebu milik sendiri (TS) dan tebu rakyat (TR) melaui sistem kemitraan kerjasama bagi hasil dengan petani. Penelitian  bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor-faktor yang mendasari pengambilan keputusan petani tebu bermitra dengan PG. Djatiroto, (2) perbedaan pendapatan petani tebu yang bermitra dan petani tebu yang tidak bermitra dengan PG. Djatiroto. Metode pengambilan contoh  menggunakan Proportionate stratified random sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis menggunakan Regresi Logistik dan Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) faktor yang berpengaruh nyata terhadap pengambilan keputusan petani tebu bermitra dengan PG. Djatiroto adalah faktor pengalaman dengan nilai signifikansi sebesar 0,092, faktor pendapatan dengan nilai signifikansi sebesar 0,036, dan faktor jumlah anggota keluarga dengan nilai signifikansi sebesar 0,068 sedangkan faktor umur dan pendidikan berpengaruh tidak nyata terhadap pengambilan keputusan petani tebu bermitra dengan PG. Djatiroto; (2) terdapat perbedaan pendapatan antara petani tebu yang bermitra dan petani tebu yang tidak bermitra dengan PG. Djatiroto dengan nilai signifikansi sebesar 0,002, pendapatan petani tebu yang bermitra lebih besar dari pada pendapatan petani tebu yang tidak bermitra dengan PG. Djatiroto. Rata-rata pendapatan petani tebu yang bermitra sebesar Rp. 25.822.092/ha/tahun sedangkan rata-rata pendapatan petani tebu yang tidak bermitra sebesar RP. 20.010.176/ha/tahun.

Keywords


kemitraan, pendapatan, tebu

Full Text:

PDF

References


Ariningsih, E. 2014. Menuju Industri Tebu Bebas Limbah. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Hari Pangan Sedunia Ke-34: Pertanian-Bioindustri Berbasis Pangan Lokal Potensial

Budi, E. P. 2012. Faktor-Faktor yang Mendasari Keputusan Petani Bergabung Dengan KPTR dan Peran KPTR Terhadap Petani Tebu. Jurnal Berkala Ilmiah Pertanian. Vol;x(x).

Gujarati, D. 2013. Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.

Hafsah, M. J. 2002. Bisnis Gula di Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Hasan, I. 2008. Analisis Data Penelitian dengan Statstik. Jakarta: Bumi Aksara

Naim, S. 2015. Pengaruh Kemitraan Terhadap Pendapatan Usahatani Tebu. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian.

PG. Djatiroto. 2015. Profil Pabrik Gula Djatiroto. Lumajang: PG. Djatiroto

Rochmantika, R. L. 2006. Kajian Keputusan Petani Tebu Rakyat Terhadap Pelaksanaan Kemitraan Pabrik Gula XYZ. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Subiyono dan R. Wibowo. 2005. Agribisnis Tebu. Jakarta: PERHEPI

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Widaningtyas, D. 2008. Kajian Faktor-Faktor yang Mendasari Keputusan Petani Berusahatani Tebu dan Bermitra dengan Pabrik Gula Assembagoes Kabupaten Situbondo. Skripsi. Jember: Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v1i1.1248

Refbacks



Copyright (c) 2017 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                       

 

View My Stats