Analisis Produktivitas Usahatani Tomat di Kabupaten Jember

Edy Sutiarso, Syamsul Hadi

Abstract


Tomat adalah produk hortikultura penting di Indonesia dan di Kabupaten Jember khususnya.  Tujuan penelitian adalah : (1)  mengukur  produktivitas lahan, tenaga kerja, dan biaya usahatni tomat; (2)  mengidentifikasi perbedaan produktivitas  antara strata lahan luas dan sempit usahatani tomat; dan  (3)  mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produksi usahatani tomat di Kabupaten Jember. Penelitian  merupakan studi kasus pada  lima kecamatan di Kabupaten Jember yaitu: Ledokombo, Sumberjambe, Ajung, Panti dan Umbulsari dengan jumlah sampel total 60 petani tomat.  Data dianalisis menggunakan analisis produktivitas, uji-z beda rata-rata dan analisis regresi berganda model Cobb Douglas.  Hasil penelitian adalah: (1) Rata-rata produktivitas lahan usahatani tomat di  Jember  sebesar 153,662 ku/ha, produktivitas tenaga kerja 4,906 kg/JKP, dan produktivitas biaya  0,00047 kg/Rp. (2) Tidak ada perbedaan produktivitas tenaga kerja dan biaya antara strata lahan luas dan sempit,  tetapi produktivitas lahan berbeda secara   signifikan pada taraf kepercayaan 99%.(3) Faktor-faktor yang berpengaruh  nyata terhadap produksi usahatani tomat di  Jember yaitu luas lahan, tenaga kerja dan bibit, sedangkan pupuk,  dan pestisida berpengaruh tidak nyata.

Keywords


produksi, produktivitas, tomat, usahatani

Full Text:

PDF

References


BPS. 2015. Luas Panen dan Produksi Tomat. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.

Boediono. 1982. Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFE.

Dinas Pertanian Kabupaten Jember. 2015. Produksi Sayuran Di Kabupaten Jember. Jember: Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Jember.

Nazir, M. 1985. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia.

Supranto, J. 2001. Statistik Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Erlangga.

Sutiarso, Edy. 2010. Analisis Regresi Sederhana. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v1i1.1247

Refbacks



Copyright (c) 2017 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                       

 

View My Stats