ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI MANGGA GADUNG DI DESA BAYEMAN KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO

Abdullah Muhlis, Djoko Soejono, Sri Subekti

Abstract


Komoditas mangga gadung merupakan salah satu komoditas unggulan yang dibudidayakan di Kabupaten Situbondo. Desa Bayeman Kecamatan Arjasa merupakan sentra produksi mangga gadung di Kabupaten Situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pendapatan usahatani mangga gadung di Desa Bayeman Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usahatani mangga gadung di Desa Bayeman Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo. Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive method. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis dan deskriptif. Metode pengambilan contoh menggunakan total sampling dengan responden sebanyak 38 petani. Analisis data menggunakan analisis pendapatan dan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) usahatani mangga gadung di Desa Bayeman Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo adalah menguntungkan dengan rata-rata pendapatan sebesar Rp. 18.435.656,95/ha/tahun. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usahatani mangga gadung di Desa Bayeman Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo yang berpengaruh nyata pada taraf kepercayaan 95% adalah jumlah produksi, harga jual, biaya obat-obatan, biaya tenaga kerja dan pendidikan, sedangkan variabel yang tidak berpengaruh nyata adalah biaya pupuk dan pengalaman.


Keywords


Usahatani Mangga Gadung, Pendapatan, dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh

Full Text:

PDF

References


Anniroh, F. 2006. Efisiensi Biaya dan Pendapatan Usahatani Petani Jeruk Siam (Studi Kasus di Desa Semboro Kecamatan Semboro Kabupaten Jember). Skripsi. Jember: Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Jember.

Alviany, Y. 2013. Analisis Manajemen Risiko Usahatani Mangga di Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Skripsi. Bogor: Departemen Agribisnis IPB.

Badan Pusat Statistik. 2015. Analisis Rumah Tangga Usaha Hortikultura di Indonesia. Jakarta: BPS Republik Indonesia.

Badan Pusat Statistik. 2016. Kabupaten Situbondo Dalam Angka Tahun 2016. Situbondo: BPS Kabupaten Situbondo.

Faisal, H.N. 2015. Analisis Pendapatan Usahatani dan Saluran Pemasaran Pepaya di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Agribisnis Fakultas Pertanian Unita 11(13): 12-28.

Ghozali, I. 2009. Ekonometrika: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, S.A. 2007. Analisis Pendapatan Usahatani Salak dan Kontribusi terhadap Konsumsi Keluarga. Skripsi. Jember: Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Jember.

Hasan, I. 2002. Pokok-Pokok Materi Statistik 2: Edisi Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nuraniputri, U. 2015. Analisis Produksi, Pendapatan Usahatani dan Pemasaran Manggis di Kabupaten Sukabumi. Tesis. Bogor: Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Rahardi. 2007. Agribisnis Tanaman Buah: Edisi Revisi. Jakarta: Penebar Swadaya.

Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani. Jakarta: UI Press.

Soetriono, Solihahani, Zulan, Inayatin, Susanti, Zuniana. 2014. Agribisnis Tembakau Besuki Na-Oogst: Tinjauan Ekonomi Pertanian. Malang: Surya Pena Gemilang.

Supriatna, A. 2007. Kajian Kelayakan Usahatani dan Marjin Tataniaga Mangga (Studi Kasus di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat). Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian 10(2): 166-178.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani: Edisi Revisi. Jakarta: Penebar Swadaya.

Wibawani, D. 2001. Analisis Biaya, Pendapatan dan Faktor-Faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Semangka (Studi Kasus di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember). Skripsi. Jember: Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Jember.

Widyastuti, E. 2015. Analisis Ekonomi dan Strategi Pengembangan Komoditas Jahe Gajah Di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Skripsi. Jember: Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v1i1.1175

Refbacks



Copyright (c) 2017 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                       

 

View My Stats