DAMPAK ERUPSI GUNUNG API RAUNG TERHADAP USAHATANI TEMBAKAU NA-OOGST DI DESA AMPEL KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER

Olivia Anjung Sari, Ebban Bagus Kuntadi, Lenny Widjayanthi

Abstract


Pada tahun 2015 terjadi Erupsi Gunung Api Raung yang menyebabkan berbagai macam kerusakan pada komoditas perkebunan termasuk tembakau. Abu vulkanik dari erupsi tersebut mengandung unsur silika yang menempel pada daun tembakau menyebabkan  produksi dan kualitas tembakau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) produksi dan kualitas tembakau Na-Oogst Sebelum dan sesudah erupsi Gunung Api Raung di Desa Ampel Kecamatan Wuluhan; (2) pendapatan petani sebelum dan sesudah erupsi Gunung Api Raung di Desa Ampel Kecamatan Wuluhan. Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive method. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan komparatif. Metode pengambilan sampel menggunakan disproportionate stratified random samplingdengan responden sebanyak41 petani. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis pendapatan, analisis uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) produksi tembakau Na-Oogst sebelum dan sesudah terjadinya erupsi tidak berubah secara signifikan. Sedangkan kualitas tembakau sebelum dan sesudah erupsi mengalami perubahan. (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara pendapatan usahatani tembakau sebelum dan sesudah terjadinya erupsi.

Keywords


Na-Oogst, Erupsi, Produksi dan kualitas, Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Annur, Ibrahim M. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi dan Kualitas Tembakau Besuki Na-Oogst di Kabupaten Jember. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Daniel, M. 2005. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hutabarat, C. 2014. Dampak Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Terhadap Fluktuasi Harga Sayur Mayur. Jurnal Saintech Vol. 6 No. 04 ISSN No. 2086-9681. Peneliti Kebun Percobaan Berastagi.

Landau, Sabine dan Everitt. 2004. A Handbook Of Statistical Analyses Using SPSS. America: Chapman & Hall/CRC.

Masruroh, Ariyani. 2015. Kontribusi Usahatani Tembakau Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Di Desa Salamrejo Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia.

Soetriono. 2014. Agribisnis Tembakau Besuki Na-Oogst. Malang: Surya Pena Gemilang.

Widodo, Sugeng. 2014. Dampak Ekonomi Erupsi Merapi Terhadap Sektor Pertanian dan Lingkungan TNGM di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Disertasi. Universitas Gajah Mada.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v1i2.1156

Refbacks



Copyright (c) 2017 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                       

 

View My Stats