URAHAN TENAGA KERJA PADA USAHATANI PADI DI DESA GUMELAR KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER

Linda Laila Zahasfana, Ebban Bagus Kuntadi, Joni Murti Mulyo Aji

Abstract


Kurangnya tenaga kerja pertanian pada usahatani padi di Desa Gumelar Kecamatan Balung diakibatkan oleh rendahnya upah yang diterima oleh pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) model kelembagaan penggunaan upah tenaga kerja pada usahatani padi; (2) curahan tenaga kerja dalam keluarga dan luar keluarga. Metode penelitian adalah deskriptif komparasi. Data diperoleh melalui wawancara dari petani terpilih berdasarkan Disproportionate Stratified Random Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan t-test dengan sampel independent/two tail. Hasil analisis menunjukkan kelembagaan upah yang digunakan petani di daerah penelitian adalah : upah borongan, harian dan kedokan. Upah borongan digunakan pada kegiatan pengolahan tanah, penanaman dan kegiatan panen yang dilakukan oleh pendores. Upah harian digunakan pada kegiatan pencabutan persemaian dan panen yang dilakukan oleh pengarit. Upah kedokan digunakan petani pada kegiatan persemaian, penyulaman, penyiangan, pengairan, pemupukan, pemberantasan hama dan kegiatan panen yang dilakukan oleh pengedok. Curahan tenaga kerja luar keluarga lebih besar daripada curahan tenaga kerja dalam keluarga yaitu tenaga kerja luar keluarga sebesar 64,47 HKP/ha dan tenaga kerja dalam keluarga sebesar 13,68 HKP/ha.

Keywords


Curahan, Tenaga Kerja, Usahatani

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S., Arimbawa, P. Curahan Waktu Kerja Gender Pada Usahatani Padi Sawah di Desa Tampabulu Kecamatan Poleang Utara Kabupaten Bombana. AGRIPLUS, 2(22): 1-9.

Arikunto Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Collier, W. L., Soentoro, G. Wiradi dan Makali. 1974. Agricultural Technology and Institutional Change in Java. Food Research Institute Studies, 13(21): 1- 23.

Elizabeth Roosgandha. 2006. Revitalisasi Ketenagakerjaan dan Kesempatan Kerja Terkait Strategi dan Kebijakan Pembangunan Pertanian dan Pedesaan. Review institusi PSE Bogor, 1(1): 1-25

Gujarati Damodar, N., Porter Down, C,. 2010. Dasar-dasar Ekonometrika Edisi 5. Jakarta Selatan. Salemba Empat.

Hakim Abdul. 2001. Statistika Deskriptif untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: EKONISIA.

Hayami Yujiro dan Otsuka Keijiro. 1993. The Economic of Contact Choice An Agrarian Prespective. United States. Oxford : Oxford Universirty Press.

Hernanto Fadholi. 1996. Ilmu Usahatani. Jakarta. PT. Penebar Swadaya.

Mubyarto. 1986. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: LP3ES.

Rusastra Wayan, Suryadi. 2004. Ekonomi Tenaga Kerja Pertaniandan Implikasinya dalam Peningkatan Produksi dan Kesejahteraan Petani. Jurnal Litbang Pertanian, 23(3): 89-98.

Simanjuntak Tuti. 2007. Analisis Curahan Tenaga Kerja dan Pendapatan Petani DAFEP pada Usahatani Padi Sawah. Skripsi. Medan: Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Sumatera Utara.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soetriono, Suwandari Anik, dan Rijanto. 2006. Pengantar Ilmu Pertanian. Malang: Bayumedia.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung. TARSITO.

Sulandjari, dkk. 2011. Perbandingan Sistim Kerja Dan Upah Kelompok Kerja Tanam Padi ”Odong-Odong” Dengan Pekerja Harian (Suatu Kasus di Desa Lemah Duhur-Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang). Jurnal Solusi. 19 (9): 1-12.

Suratiyah Ken. 2015. Ilmu Usahatani. Jakarta Timur: Penebar Swadaya.

Susilowati Sri. 2005. Gejala Pergeseran Kelembagaan Upah pada Pertanian Padi Sawah. Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi, (1)23 : 48 – 60.

Suwartapradja Opan. 2008. Kolektivitas Tenaga Kerja Dalam Pertanian :Studi Tentang Implikasi Curahan Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Petani di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat). Jurnal Kependudukan Padjadjaran, (1) 10 : 34-49.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v1i2.1155

Refbacks



Copyright (c) 2017 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                  

 

View My Stats