KARAKTERISTIK DAN PREFERENSI KONSUMEN DURIAN LOKAL DI KABUPATEN JEMBER

Balya Elok Sayyidah, S Soetriono, Raharto Sugeng

Abstract


Durian merupakan salah satu jenis buah-buahan yang bergizi tinggi dan mempunyai peluang besar untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan karakterisitik konsumen durian lokal; (2) menganalisis faktor-faktor dominan yang mempengaruhi terhadap preferensi konsumen  buah durian lokal; dan (3) membuat strategi pengembangan minat konsumen terhadap buah durian lokal. Penentuan daerah penelitian secara purposive method yakni di Kabupaten Jember. Metode pengambilan sampel dilakukan secara nonprobability sampling dan incidental sampling. Metode analisis data dengan deskriptif, analisis faktor dan analisis Medan Kekuatan (FFA). Kesimpulan penelitian: (1) Karakteristik konsumen durian lokal berdasarkan kategori: (a) umur mayoritas responden berada pada golongan umur 27-37 tahun dengan proporsi 45,16%, (b) jenis kelamin konsumen mayoritas adalah perempuan dengan jumlah 47 orang (50,54%), (c) pekerjaan, mayoritas bekerja sebagai pegawai swasta dengan jumlah 40 orang atau sebesar 43,01%, (d) tingkat pendidikan, mayoritas berada pada tingkat pendidikan SMP dengan jumlah 60 orang atau sebesar 64,52%, (e) jumlah anggota keluarga, mayoritas memiliki 2 hingga 4 orang dengan proporsi 69%, dan kategori (f) tingkat pendapatan, mayoritas berada pada kategori sedang dengan jumlah responden 48 orang atau sebesar 51,61%. (2) Dari 11 faktor yang mempengaruhi dalam preferensi konsumen memilih buah durian lokal terkategori menjadi 5 faktor yakni: (a) faktor warna kulit buah (hijau-muda, hijau-tua, hijau-cokelat, dan cokelat-tua); (b) faktor panjang duri (pendek, sedang, dan panjang); (c) faktor warna daging cerah (kuning dan merah); (d) faktor tekstur (lembut-basah, lembut-kering/pulen, berkrim, dan berserat); dan (e) faktor rasa buah durian (manis-pahit, manis-legit, manis-sedang, dan kurang manis).

Keywords


Karakteristik durian lokal, preferensi durian lokal, analisis faktor, dan strategi

Full Text:

PDF

References


Santoso, Panca. 2010. Indonesia Berpotensi Produksi Durian Sepanjang Tahun. Artikel. Buletin Sinartani Badan Litbang Pertanian. Edisi 19-25 Desember 2012 No.3487 Tahun XLIII

Santoso, S. 2006. Menggunakan SPSS untuk Statistik Multivariat. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sianipar J.P.G. dan Entang. H.M 2003. Teknik-Teknik Analisis manajemen. Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Simamora, B. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustakaa Utama. Jakarta.

Sugiono. 2006. Analisis tentang Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen (Tinjauan Teori). Jurnal Aplikasi Manajemen. Volume 5 No. 2, Agustus 2006.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Suliyanto. 2005. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Ghalia Indonesia, Bogor.Sumarwan, U. dan Agus Maulana. 2004. Perilaku Konsumen. PT Ghalia Indonesia. Bogor.

Sumarwan. 2004. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Penerbit Kerja Sama : PT. Ghalia Indonesia dengan MMAInstitut Pertanian Bogor.

Sunarto. 2006. Perilaku Konsumen. AMUS. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v1i2.1152

Refbacks



Copyright (c) 2017 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                       

 

View My Stats