MOTIVASI DAN KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHA KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) TERHADAP KELUARGA PETERNAK DI DESA KANDANGTEPUS KECAMATAN SENDURO KABUPATEN LUMAJANG

Alfida Suwaji Florinsa, S Sudarko, Djoko Soejono

Abstract


Susu memiliki gizi yang tinggi dan dapat digunakan sebagai makanan pendamping
manusia dalam segala usia, sehingga susu merupakan makanan yang dapat dikatakan sempurna.
Susu kambing peranakan etawa (PE) merupakan susu yang memiliki gizi yang sangat tinggi. Susu
tidak hanya dihasilkan oleh kambing akan tetapi dapat pula dihasilkan oleh ternak lain misalnya
kerbau, sapi perah, kuda dan domba. Tujuan penelitian ini untuk menentukan tingkat motivasi,
faktor apa saja yang berhubungan secara signifikan dengan motivasi, pendapatan dan kontribusinya
terhadap pendapatan peternak kambing peranakan etawa (PE). Penentuan daerah penelitian
menggunakan purposive method. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif yaitu
metode deskriptif dan korelasional. Analisis data menggunakan tabulasi skor, analisis korelasi
Rank Spearman (rs), analisis pendapatan dan analisis statistik dengan presentase kontribusi. Hasil
menunjukan bahwa tingkat motivasi tentang usaha ternak susu kambing peranakan etawa (PE)
tinggi. Faktor ekstrinsik yang berkorelasi adalah kegiatan kelompok. Pendapatan peternak adalah
menguntungkan. Kontribusi pendapatan usaha ternak susu kambing peranakan etawa (PE) total
pendapatan keluarga peternak adalah sedang.


Keywords


Susu Kambing Peranakan Etawa (PE), Motivasi, Pendapatan,dan Kontribusi

References


Batoa. et al. 2008. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kopetensi Petani Rumput Laut Di Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara [serial on line] http://repository.ipb.ac.id. [20 Agustus 2016]

Nazir, Moh. 1999. Metode penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia

Purwanto., Erwan Agus dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2001. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Gava Media

Sugiyono. 2005. Metode penelitian administrasi. Bandung : Alfabeta

Umar, H. 2000. Metodologi Penelitian : Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v1i2.1139

Refbacks



Copyright (c) 2017 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                  

 

View My Stats