Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru MIS Miftahul Ulum Kranjingan Jember
Abstract
Kompetensi guru MIS Miftahul Ulum Kranjingan Jember terutama dari sisi karya ilmiah yang dihasilkan bisa dikatakan cukup rendah. Hal ini tampak pada bukti hasil karya tulis ilmiah yang dihasilkan oleh guru di sekolah tersebut sangat minim. Padahal ini sangat penting terutama dalam mendukung kepangkatan dan menunjang profesi guru terutama untuk kepentingan sertifikasi guru. Kondisi demikian secara umum ada beberapa hal yang mempengaruhi diantaranya banyak dari guru menganggap bahwa pekerjaan menulis itu sangat sulit, waktu yang terbatas dan sudah kelelahan dengan rutinitas mengajar setiap hari. Pelaksanaan program kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru MIS Miftahul Ulum Kranjingan Jember secara umum bisa disimpulkan sudah berjalan dengan baik dan lancar, mulai tahap persiapan sampai dengan tahap pelaksanaan. Antusias peserta sangat bagus mulai dari saat penyampaian materi, pada sesi tanya jawab maupun praktek saat uji coba dalam pembuatan penulisan karya tulis ilmiah ini. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan dampak yang cukup positif dimana ada perubahan terutama dalam hal motivasi dari para guru di lingkungan sekolah MIS Miftahul Ulum Kranjingan dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah. Dari yang dulunya menganggap bahwa menulis itu susah dan malas. Dengan adanya motivasi dari peneliti dalam kegiatan ini para guru menjadi lebih termotivasi untuk membuat karya tulis ilmiah. Apalagi dalam pelaksanaan kegiatan ini peneliti tidak hanya memberikan motivasi tapi juga memberikan semacam tips yang mudah berupa langkah-langkah untuk membuat karya tulis ilmiah tersebut menjadi mudah untuk di susun.
Full Text:
PDFReferences
Asmara, Y. 2016. Karya Ilmiah Dan Profesionalisme Guru.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.Tanggal 2 Juni 2016, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang.Vol. 1 No. 1 Th. Jan-Des.http://fkip.um-palembang.ac.id/wp-content/uploads/2018/03/50.-Yeni-Asmara.pdf
Bachtiar, M., Nurocmah, A. 2021.Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru untuk Meningkatkan
Profesionalitas Akademik Guru.INOVASI : Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No.1. file:///C:/Users/HP/Downloads/20351-49914-1-SM.pdf
Dalman. 2016. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Jayanta, I. N. L., Widiana, W., Yudiana, K., Dibia, I. K. 2020.Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah Menggunakan Open Journal System Untuk Guru Sekolah Dasar. Proceeding Senadimas Undiksha 2020.https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2020/assets/ProsidingSenadimas2020/file/201.pdf
Jaedun, A. 2011.Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis
Ilmiah. Makalah disampaikan pada Kegiatan Seminar Karya Tulis Ilmiah dan
Penelitian Tindakan Kelas di SMK Negeri 1 Sedayu Bantul tanggal 23 Juli 2011.
http://staffnew.uny.ac.id/upload/131569339/pengabdian/karya-tulis-ilmiah-smkn-1-sedayu.pdf
Kunandar.2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Hayuhantika, D. 2017. Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Sebagai Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Smpn 3 Ngunut.J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) Volume 5, Nomor 1.file:///C:/Users/HP/Downloads/623-1108-1-SM%20(1).pdf
Muslich, Masnur. 2008. Melaksanakan PTK Itu Mudah.Naskah Dipersiapkan untuk Pedoman Pelatihan Peningkatan Profesi Guru.
Noorjannah, L. 2014. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di Sma Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, Volume 10, Nomor 1. https://media.neliti.com/media/publications/11406-ID-pengembangan-profesionalisme-guru-melalui-penulisan-karya-tulis-ilmiah-bagi-guru.pdf
Ritonga, R., Iskandar, R. 2018. Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Di Karawang.Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 1, No 01.http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/jpmikp/article/view/75/pdf
Suarni, Ni K. 2009. Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Sebagai Upaya untuk Mendukung Peningkatan Jabatan Fungsional Guru pada Para Guru di Kabupaten Karangasem. Laporan P2M. Universitas Pendidikan Ganesha.
Suhardjono.1995. Pedoman Penyusunan Karya Tulis ILmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembagan Profesi.Guru.Jakarta: Dikgutensis.
Syamsudin, Munawar. 1994. Dasar-Dasar dan Metode Penulisan Ilmiah. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Suhardjono.1995. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dikgutentis.
Suseno, Slamet. 1993. Bentuk-Bentuk Penulisan Populer. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.
Jakarta: Setjen Depdiknas.
Refbacks
- There are currently no refbacks.