Pelatihan Menulis Cerpen Bertema Fantasi Bagi Siswa Di Yayasan Nurussalam Wonoasri Jember

Hasan Suaedi, Yeni Mardiana, Mochamad Hatip, Uswatun Hasanah

Abstract


Menulis merupakan keterampilan yang peling sulit diantara keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca. Keterampilan menulis khususnya cerpen perlu mendapatkan perhatian khusus ketika diajarkan di sekolah.Melalui cerpen bertema fantasi memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi pengetahuan dan imajinasi ke dalam bentuk tulisan. Pelatihan menulis cerpen bertema fantasi guna menyelesaikan permasalahn yang terdapat pada mitra. Adapun permasalahan pada mitra antara lain kemampuan menulis sangat rendah, menulis dianggap sebagai aktifitas yang lama, belum ada metode, stratei, dan menia yang cocok untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Adapun kegiatan pengabdian di yayasan Nurussalam Wonoasri kabupaten Jember secara umum ada dua tahapan, yaitu pemaparan teori dan pendampingan menulis cerpen. Berdasarkan hasil dari pengabdian di Yayasan Nurussalam Wonoasri Jember, dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, para guru di yayasan Nurussalam Wonoasri kabupaten Jember sebagian besar telah mampu menerapkan pembelajaran menulis cerpen bertema fantasi. Kedua, terdapat beberapa guru yang kesulitan baik dari segi teori dan penerapan. Kesulitan itu dikarenakan para guru keahlian ilmunya bukan jurusan pendidikan bahasa. Ketiga, para guru berkomitmen untuk menerapkan dan mengembangkan kegiatan menulis cerpen bertema fantasi. Lebih lanjut kegiatan guru akan selalu dievaluasi oleh waka kurikulum di yayasan Nurussalam Wonoasri kabupaten Jember.


Full Text:

PDF

References


Nisa, Hani & Apryliana Agnes. (2020). Uji Terbatas Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif Berbasis M-Learning. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 71-80

Sudirman. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas xi mipa 3 sma negeri 2 parepare. ISTIQRA’, 1-17

Alawiyah, Susi. (2021). Model Pembelajaran Think Talk Write dan Menulis Karangan Narasi Pada Era Disrupsi. Jurnal Inovasi Penelitian, 16-26

Sahrazad, Sara, dkk. (2021). Pelatihan Menulis Cerpen sebagai Penguatan Program Literasi Pada Siswa SMP Kanzul Mobaarok Kota Bekasi. Abidumasy, 30-32

Kette, Elvira, Pratiwi, Yuni & Sunoto. (2016). Pengembangan Bahan Pelatihan Menulis Cerita Pendek Bermuatan Nilai Karakter untuk Guru SMP Negeri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Se-Kota Kupang. Jurnal Pendidikan. 698-704

Pardede, Oktaviandi, dkk. (2022). Pekatihan Penulisan Cerpen Remaja Siswa SMP Al-Hidayah Medan. Jurnal Mitra Prima. 1-7

Nufus, Hayatun, dkk. (2022). Pelatihan Menulis Cerpen yang Berkearifan Lokal Pada Siswa SMAN 2 Prabumulih. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 225-232.

Nurgiyantoro, Burhan. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Fitriyani, setiadi, david, & Agustiani, Tanti. (2019). Analisis Unsur Ekstrinsik Pada Antologi Cerpen Catatan Hati Di Setiap Doaku Karya Asma Nadia Dan Kawan-Kawan Sebag. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 87-91.

Zahrina, Nur & Qomariyah, U’um. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Strategi Joyfull Learning Untuk Siswa Kelas Vii B Smp Negeri 7 Semarang. Jurna; Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 64-71.

Zied, Ilman, dkk. (2019). Penggunaan LKS Buatan Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mencipta Cerita Imajinasi Siswa Kelas VII SMP. DIKBASTRA, 1-14.

Septiaji, Aji. (2019). Teks Cerita Imajinasi, Unit Pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dirjen GTK Kemdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


maxwin138

slot thailand

slot5000

paket wisata bali

paket wisata banyuwangi

loker situbondo