Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web
Abstract
Pemerintah Desa Bantal merupakan pemerintah desa di wilayah Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, yang menghadapi tantangan dalam pengelolaan pengaduan masyarakat akibat sistem manual yang tidak terorganisir. Sehingga hal tersebut berdampak pada pengelolaan pelayanan publik. Dimana dalam melakukan pengaduan, masyarakat kesulitan menyampaikan pengaduan tersebut dan tidak ada tindak lanjut yang cepat karena disebabkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, maka dirancang dan dibangun sistem informasi pengaduan masyarakat berbasis website, sehingga mampu meningkatkan efisiensi pelayanan publik. Waterfall adalah pendekatan yang digunakan untuk pengembangan sistem, yang meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Hasilnya adalah sistem berbasis web yang memungkinkan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan secara daring, melacak status pengaduan, dan menerima tanggapan langsung dari pemerintah desa, sehingga mampu meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi dalam pengelolaan pengaduan masyarakat
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anjeli, D., Faulina, S. T., & Fakih, A. (2022). Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 49 OKU Menggunakan Embarcadero XE2 Berbasis Client Server. Jurnal Informatika Dan Komputer (JIK), 13(2), 57–66.
Fawadhil, F. & Ramadhani, S. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengaduan Layanan Teknis Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi Dan Industri, 100–110.
Hamidani, S., & Etriyanti, E. (2021). Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Kota Lubuklinggau Berbasis Website Website-based Lubuklinggau City Public Complaint Information System. Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya, 3(2), 61–67.
Ikhwan, A., & Lubis, D. A. P. (2023). Perancangan Sistem Informasi Laporan Pengaduan Masyarakat Berbasis WEB pada Dinas ESDM SUMUT. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.56211/helloworld.v2i1.193
Nugroho, F. E., Taufiq, R., & Alfarizi, M. S. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Pada Desa Sukadamai Kabupaten Tangerang. Jurnal Dinamika Universitas Muhammadiyah Tangerang P, September, 2581–1894.
Nuraeni, E., Gunawan, E., Abdussalaam, F., & Sukmawijaya, J. (2023). Penerapan Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Pasien Sebagai Solusi Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan. Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 6(2), 319–327. https://doi.org/10.29408/jit.v6i2.13680
Padillah, J. N. & Syahputra, M. (2024). Sistem Informasi Layanan Pengaduan Berbasis Web Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Informasi Kecamatan Lubuk Begalung. Jurnal Sains Dan Teknologi Informatika, 2(1), 71–76. https://doi.org/10.38204/jsti.v2i1.1858
Rio, R., & Marsehan, A. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Mobile Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Komputer Dan Teknologi, 43–50. https://doi.org/10.58290/jukomtek.v1i2.67
Sidharta, K., & Wibowo, T. (2020). Studi Efisiensi Sumber Daya Terhadap Efektivitas Penggunaan Database: Studi Kasus SQL Server dan MySQL. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(1), 508–515. https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1455
Zunidar, & Wiyono, N. (2023). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Di Kecamatan Rajeg Berbasis Web. Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, 3(1), 87–97. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta
DOI: https://doi.org/10.32528/jasie.v7i1.23677
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.