Coping Stres Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Yang Sedang Menyusun Skripsi: Pendekatan Rasch Model
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi skala coping stres dengan model rasch, mengidentifikasi gambaran coping dan kecenderungan coping stres mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo ditinjau dari jenis kelamin. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang sedang menyusun skripsi dengan sampel berjumlah 327 mahasiswa dengan teknik sampling insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis tipe Likert yang diadopsi dari penelitian yang dilakukan oleh Sipayung, Nurliana. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan model rasch. Hasil penelitian menunjukkan reliabilitas Alpha Cronbach 0.85, person 0.91 dan item 0.87 tergolong sangat baik. Secara deskriptif terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata penggunaan problem focused coping 61.1% dan emotional focused coping 38.9% pada mahasiswa laki-laki serta rerata penggunaan problem focused coping 38.2% dan emotional focused coping 61.8% pada mahasiswa perempuan. Kesimpulannya masih banyak mahasiswa perempuan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo memiliki strategi coping stres yang kurang efektif saat menyusun skripsi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adisty, N. D. (2020). Coping Stress Mahasiswa Akhir Yang Bekerja Part Time. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Andriyani, J. (2019). Strategi Coping Stres Dalam Mengatasi Problema Psikologis. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 37–55. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6527
Azizah, & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan model rasch untuk analisis Instrumen tes pada mata kuliah matematika. J U P I T E K Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45–50.
Bond, T. G., & Fox, C. M. (2015). Applying tehe rasch model fundamental measurement in the human sciences.
Dalfiqih, I. (2022). Gambaran coping stres pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di kota makassar. Universitas Bosowa Makassar.
Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Universitas Medan Area. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(2), 99–108.
Dela, V. L. (2019). Strategi coping stress pada mahasiswa bimbingan konseling yang menyusun skripsi di universitas muhammadiyah tapanuli selatan. Ristekdik (Jurnal Bimbingan Konseling), 4(2), 90–94.
Dewi, N. R. (2018). Kesulitan mahasiswa semester akhir dalam menyusun skripsi (Vol. 7, Issue 5). Universitas Isla, Negeri Sulthan Thana Saifuddin Jambi.
Evasari, N. O. (2019). Studi kasus strategi coping stress anak korban broken home yang bisa bangkit dari stres. In Skripsi. Tulungagung: Program Sarjana UIN SATU Tulungagung. Intitut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Hanifah, D. (2020). Strategi Coping Stress Saat Kuliah Daring Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2019 Universitas Andalas. Jurnal Psikologi Tabularasa, 15(1), 29–43.
Idris, I., & Pandang, A. (2018). Efektivitas Problem focused coping Dalam Mengatasi Stress Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 63. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.5896
Iqramah, N., Nurhasanah, & Nurbaity. (2018). Strategi coping (problem focused coping dan emotional focused coping) dalam menghadapi stres pada mahasiswa oenyhusun skripsi FKIP Universitas Syah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(4), 75–83.
Ma’Arief, S. (2022). Hubungan antara problem focused coping dengan kecenderungan stres pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Nasah Publikasi. Fakultas Psikologi. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, August.
Maryam, S. (2017). Strategi Coping: Teori Dan Sumberdayanya. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 101–107. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.12
Mustofa, I. A. (2018). Coping stress mahasiswa praktikum ditinjau dari jenis kelamin. 1–11.
Nur, F. (2018). Strategi coping pada wanita yang baru menikah di kelurahan limau manis. Universitas Medan Area.
Pitaloka, L. C. T., & Mamahit, H. C. (2021). Problem-Focused Coping pada Mahasiswa Aktif Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 6(2), 41–49.
Prajogo, C. A. T., & Widiasavitri, P. N. (2020). Peran problem focused coping dan emotional focused coping terhadap. kepuasan pernikahan pada istri yang mengalami infertilitas. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 35–43.
Sari, E. N. M. (2019). Hubungan antara emotion focused coping dan kepuasan hidup pada mahasiswa. Cognicia, 7(1), 95–111. https://doi.org/10.22219/cognicia.v7i1.8116
Sawitri, A. R., & Widiasavitri, P. N. (2021). Strategi coping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di tengah pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Udayana, 8(1), 75–85.
https://doi.org/10.24843/JPU.2021.v08.i01.p08
Seftiani, N. A., & Herlena, B. (2018). Kecerdasan spiritual sebagai Prediktor Kesejahteraan Subjektif Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 101. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i1.1473
Sipayung, N. (2016). Coping stres penulis skripsi (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Angkatan 2012 Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Tahun Ajaran 2015/2016) SKRIPSI. Universitas Sanata Dharma.
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial.
DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v19i2.13528
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats

.jpg)







