Penerapan model brain based learning untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Tunas Jaya

Amin Yusi Nur Saida

Abstract


Perkembangan bahasa yang meliputi kemampuan menyimak dan berbicara, merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki dan dipenuhi oleh setiap anak. Kesalahan dan kekurangan dalam memberikan dampingan kemampuan berbahasa ini akan sangat merugikan anak. Inilah yang menjadi alasan peneliti untuk meneliti kemampuan berbahasa anak usia dini di TK Tunas Jaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa pada anak usia 5-6 tahun melalui penerapan model Brain Based Learning. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai wahana pengetahuan dalam peningkatan kemampuan berbahasa anak dan memperkaya pendekatan ata model pembelajaran yang diterapkan oleh sekolah atau guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Tunas Jaya yang terdiri dari 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, analisis data yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa dapat ditingkatkan melalui penerapan model Brain Based Learning pada anak usia 5-6 tahun. Hal ini dapat dilihat pada hasil kemampuan anak pada tahap pra siklus sebesar 57%, meningkat sebesar 17% pada siklus I mencapai 74%, dan meningkat lagi sebesar 19% pada siklus II sehingga mencapai 93%.


Keywords


kemampuan berbahasa, menyimak dan mengungkap, Brain Based Learning

Full Text:

PDF

References


Aisyah, dkk (2007). Siti Aisyah dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arizal, dkk (2019). Pendidikan Akidah Akhlak dengan Metode Brain Based Learning. Yogyakarta: Belajea, Jurnal Pendidikan Islam.

Chamidiyah, (2015). Pembelajaran Melalui Brain Based Learning Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Kudus: Edukasia, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.

Given, K. B. (2007). Brain-Based Teaching. Bandung: Kaifa

Jazariyah. (2017). Signifikansi Brain Based Learning Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Islam Nadwa, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lestariningrum, Anik&P.W. Intan. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Media Panggung Boneka Tangan. Kediri: Nusantara of Reseacrh.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Qudsyi, Hazhira. (2010). Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Yang Berbasis Perkembangan Otak. Yogyakarta: Buletin Psikologi, UGM.

Setyawan, Helmi, Farid. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Ngawi: Jurnal PG PAUD Trunojoyo.

Setyaningtyas, Putri&Harun, Harun. (2020). Brain Based Learning Efektif Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Konsep Bilangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Jurnal Obsesi, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.