Pengaruh media game edukasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar anak usia 3-4 tahun semester genap tahun pelajaran 2018-2019 di PAUD Ceria Semboro

Ilis Mahbubah, Ahmad - Jazuly

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Game Edukasi terhadap motivasi dan hasil belajar anak PAUD CERIA Semboro pada Semester Genap Tahun Ajaran 2018-2019. Penelitian ini mengkaji beberapa permasalahan, yaitu: (1) Apakah media Game Edukasi berpengaruh terhadap motivasi belajar?; (2) Apakah media Game Edukasi berpengaruh terhadap hasil belajar?Partisipan dari penelitian ini adalah 33 siswa PAUD CERIA Semboro Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Partisipan ditentukan menggunakan purposive sampling area. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda. Teknik analisis tersebut dilakukan untuk menguji pengaruh Game Edukasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Game Edukasi berpengaruh terhadap motivasi belajar (p = 0,048) dan (2) Game Edukasi berpengaruh terhadap hasil belajar (p=0,032).

 

This study aims to determine the effect of using Educational Game media on the motivation and learning outcomes of CERIA Semboro PAUD children in the Even Semester of the 2018-2019 Academic Year. This study examines several problems, namely: (1) Does educational game media affect learning motivation?; (2) Does educational game media affect learning outcomes The participants of this study were 33 PAUD CERIA Semboro students in the Even Semester of the 2018/2019 Academic Year. Participants were determined using a purposive sampling area. The data in this study were collected using interviews, observation, documentation, and questionnaires. The analysis technique used in this research is multiple regression analysis technique. The analysis technique was carried out to examine the effect of educational games on learning motivation and early childhood learning outcomes. The results of this study indicate that (1) educational games affect learning motivation (p = 0.048) and (2) educational games affect learning outcomes (p = 0.032).

 


Keywords


Media Game edukasi; Motivasi Belajar; Hasil belajar‎

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2009. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Devi Astri N, 2015., Game Edukasi Android Sebagai Fasilitas Pengenalan Bilangan Untuk Anak Usia Dini. Hasil Penelitian Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Fadlillah, Muhammad. 2012 Desain Pembelajaran PAUD . Jogjakarta:Ar Ruzz Media.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Cipta Aditya Bakti

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtatif dan R & D. Bandung: Alfbeta.

Sumiharsono, Rudy, dkk. 2015. Pedoman Penulisan Tesis. Jember: Program Pascasarjana IKIP PGRI Jember.

Riduwan. 2013. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: ALFABETA.

Uno., 2011. Motivasi dan Pengukurannya. Bandung: Alfabeta.

Makrifat, 2012. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Bidang Studi PAI SMA IT Wahdah Islamiyah Makasar. Hasil Penelitian Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Makasar.

Mahdan, 2011. Hubungan Antara Motivasi Belajar, Sikap dan Kebiasaan Belajar, Gaya Belajar, Dan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Mataram. Hasil Penelitian Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Permendikbud No 137 Tahun 2014, Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Www.kompasiana.com>Humaniora>Edukasi 2019. Game edukasi Pembelajaran Anak usia Dini

Yien, J, Hung, C, Hwang, G dan Lin, Y. 2011. A Game-Based Learning Approach to Improving students’ Learning Achievement in a Nutrition Course. The Tukish Online Journal of Education Technology vol 10 Issue.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.