Meningkatkan kemampuan membaca melalui media smart ball pada anak usia dini kelompok A Di TK IT Al-Husna Kabupaten Jember

Umah Amrela, Anggaeny Unedia Rachman

Abstract


Kemampuan membaca adalah kemampuan yang dimiliki anak untuk mengembangkan kemampuannya dalam menyebutkan huruf, mampu menghubungkan antara gambar dan tulisan, dan anak mampu membaca kata yang sesuai gambar. Media Smart ball adalah sebuah media pembelajaran untuk menstimulasi atau memaksimalkan potensi anak usia dini yang terbuat dari kain flanel warna warni yang berbentuk bola dan memiliki lapisan-lapisan. Lapisan tersebut berisikan tempelan huruf-huruf , kata-kata, dan gambar.Masalah yang ingin dipecahkan melalui kegiatan ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca melalui media smart ball pada anak usia dini kelompok A di TK IT Al-Husna Kabupaten Jember tahun ajaran 2018 ?. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan agar mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca melalui media smart ball pada anak usia dini kelompok A di TK IT Al-Husna.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Instrument yang dipakai berupa ceklist observasi dan dokumentasi. Hasil observasi yang didapat pada siklus I yaitu 46,47% dan siklus II 86,67%. Peningkatan hasil observasi siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan kriteria kesuksesan yang telah ditetapkan 80%. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media smart ball dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Al-Husna Sumbersari Kabupaten Jember, dengan ketuntasan belajar pada siklus II menggunakan media smart ball.


Full Text:

PDF

References


Amirulloh, Syarbini dan Gunawan Heri. 2014. Mencetak anak hebat. Jakarta: PT Elex media komputindo

Anggraini, Neneng. 2015. Meningkatkan kemampuan membaca melalui media audio visual pada anak kelompok A TK- Aisyiyah

Bustanul Athfal 01 bondowoso. Universitas Muhammadiyah Jember.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

Bimba. 2016. Manfaat Membaca Dan Menulis Sejak Dini (Online)

(https://bimba-aiueo.com/manfaat-membaca-dan-menulis-sejak-dini/, diakses 26 maret 2018).

Dalman, 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT RajaGrafindo persada.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2015. Metode Pengembangan Bahasa. Banten: Universitas Terbuka.

Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD). Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Guswarni, Eka. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Permainan Kartu Gambar Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Agama (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1616 diakses 11 Mei 2018).

Hasan, Maimunah. 2009. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: DIVA Press.

Kemdikbud. 2014. peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. (online) (http://paud.kemdikbud.go.id/wp- content/uploads/2016/04/permendikbud-146-tahun-2014.pdf/ di akses 04 mei 2018).

Latif, Mukhtar, dkk. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Megawati, Dice. 2013. Meningkatkan kemampuan membaca anak melalui media gambar pada kelompok B PG PAUD NURUL JADID Jatitamban wringin-bondowoso. Universitas Muhammadiyah Jember.

Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2014. Pembelajaran keterampilan berbahasa indonesia. Yogyakarta: GRHA ILMU.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan tehnik pembelajaran membaca. Ternate: Graha ilmu.

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT INDEKS.

Susilo, Taufik Adi. 2011. Belajar Calistung Itu Asyik. Jogjakarta: PT. BUKU KITA.

Suyadi, 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Tung, Yao Khoe. 2015. Pembalajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: PT Indeks.