Menyiapkan kompetensi merancang pembelajaran pada calon guru di PGPAUD Universitas Muhammadiyah Jember
Abstract
Artikel ini merupakan studi kasus tentang penyiapan kompetensi mahasiswa PGPAUD Universitas Muhammadiyah Jember peserta mata kuliah Metode Pengembangan Pembelajaran Sains dan Matematika dalam merancang pembelajaran bagi anak kelompok usia 5 – 6 tahun. Salah satu yang diharapkan adalah anak lebih memiliki kesiapan baik secara sikap, pengetahuan dan keterampilan khususnya pada Kompetensi membaca, menulis dan berhitung. Capaian pembelajaran Mata Kuliah Metode Pengembangan Pembelajaran Sains dan Matematika adalah calon guru memiliki kompetensi mengelola pembelajaran khususnya dalam merancang kegiatan bermain sains dan matematika kreatif. Sebagian dari mahasiswa ini adalah guru aktif yang terbiasa merancang kegiatan pembelajaran dengan hanya memperhatikan satu indikator KD. Hasil dari tugas terstruktur yang diberikan dalam setting kelompok mampu membuat mahasiswa merancang kegiatan bermain sains yang melatih Kompetensi HOTS (Higher order thinking skills) anak dengan memadukan konsep keaksaraan awal (abjad maupun angka) pada ragam bermain yang disiapkan.
Full Text:
PDFReferences
Athanases, S.Z., Sanchez, S. L., Martin, L.M. (2020). Saturate, situate, synthesize: Fostering pre-service teachers’ conceptual and practical knowledge for learning to lead class discussion. Teaching and Teacher Education. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102970
Broadhead, P., Howard, J. and Wood, E. (2017). Bermain dan Belajar pada Usia Dini. Jakarta : Indeks
Chayati, N. (2014). Pengelolaan pembelajaran melalui bermain pasir dan air pada sentra bahan alam di Paud Lab School Unnes Kota Semarang. Belia 3 (2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia
Henniger, M.l. (2013). Teaching Young Children: An Introduction. Washington University: Pearson
Irwantoro, N. dan Suryana, Y., (2016). Kompetensi Pedagogik. Surabaya: Genta Group
Jackman, H. (2012). Early Childhood Curriculum: A Child’s Connection to The World
Kankam, G., and Abroampa, W.K. (2016). Early Childhood Education Pre-Service Teachers’ Pedagogical Content Knowledge in Teaching Psychosocial Skills Across the Kindergarten Curriculum in Ghana. Asia-pacific journal of research in early childhood education. Vol.10, No.1, January 2016, pp.67-86. http://dx.doi.org/10.17206/apjrece.2016.10.1.67
Kavanagh, S.S., Conrad, J., Dagogo-Jack, S. (2019). From rote to reasoned: Examining the role of pedagogical reasoning in practice-based teacher education. Teaching and Teacher Education. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102991
Masnan, A.H., Anthony, N.E., Zainudin, N.A.S. (2019). The Level of Teaching Knowledge Preschool Teachers in Malaysia. Asia-pacific journal of research in early childhood education Vol.13, No.2, May 2019, pp.39-48. http://dx.doi.org/10.17206/apjrece.2019.13.2.39
McLachlan, C., Fleer, M., and Edwards, S. (2010) Early Childhood Curriculum: Planning, Assessment, and Implementation. USA: Cambridge University Press
Voet, M., De Wever, B., (2020). How do teachers prioritize instructional goals? Using the theory of planned behavior to explain goal coverage. Teaching and Teacher Education. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.103005
Wardhani, W.D.L dan Sa’diyah, D.K. (2018). Konstruksi Berpikir Kritis Melalui Pengenalan Fungsi Jam dan Konsep Waktu Pada Anak Usia Dini. Early Childhood:Jurnal Pendidikan. Vol 2 No 2a. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2a.283
Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Yulianti. I.L. (2017). The Impact of Plagiarism in Creating Planning of Learning in Early Childhood Educators in Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Margadana Kota Tegal. Belia 6 (1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia