PERANAN PETUGAS RESERVASI DALAM PENJUALAN KAMAR DI HOTEL 88 JEMBER SAAT PANDEMI COVID-19

Hadi Jatmiko, Lailiya Nur Isnaini, Aditya Dimas Pratama, Juhanda Juhanda

Abstract


Pandemi Covid-19 menyebabkan penurutan pada sektor pariwisata. Salah satu sektor yang juga terdampak oleh Covid-19 pada sektor pariwisata adalah hotel. Hotel 88 Jember adalah salah satu hotel yang merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Pada awal pandemi, yaitu pada Bulan Maret 2020 tingkat hunian di Hotel 88 Jember hanya mencapai 50%. Untuk meningkatkan penjualan kamar di Hotel 88 Jember maka perlu peran dari petugas reservasi kamar. Petugas reservasi di Hotel 88 Jember adalah bagian dari front desk agent.  Pada penelitian ini, teknik analisis yang digunakan adalah terknik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah selain bertugas dalam penanganan seistem reservasi kamar, petugas reservasi di Hotel 88 Jember berperan aktif dalam meningkatkan penjualan kamar, yaitu dengan melakukan Upselling secara terus menerus.


Keywords


Petugas Reservasi, Tingkat Penjualan Kamar, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Laporan Perekonomian Indonesia 2020. Jakarta : Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2021). Berita Resmi Statistik 1 Februari 2021. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/01/1796/jumlah-kunjungan-wisman-ke-indonesia-bulan-desember-2020-mencapai-164-09-ribu-kunjungan-.html.

Damardjati, R S. (1973). Istilah-Istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Efendi, Y. (2021). Sektor Wisata Belum Pulih, Pandemi Covid Penyebabnya. rri.co.id: https://rri.co.id/jember/daerah/1068611/sektor-wisata-belum-pulih-pandemi-covid-penyebabnya

Haliadi, R. (2020). Terdampak Pandemi, Okupansi Hotel di Jember di Bawah 5 Persen Sehari. Suara.com: https://www.suara.com/lifestyle/2020/05/15/120000/terdampak-pandemi-okupansi-hotel-di-jember-di-bawah-5-persen-sehari

Hermawan, H. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Riset Pariwisata. Open Science Framwork.

Irwan, B. (2018). Peranan Petugas Reservasi dalam Meningkatkan Penjualan Kamar Melalui Sistem Up-Selling Pada Front Office Department di Hotel Vila Ombak. Mataram: Program Studi Diploma III Pariwisata Universitas Mataram.

KEMENPAREKRAF. (2020). Rencana Strategis 2020-2024. Jakarta: Kemenparekraf.

Lundberg, Donal E.dkk. (1997). Ekonomi Pariwisata. Jakarta: Gramedia.

Luturlean, B. S., et al. (2019). Strategi Bisnis Pariwisata. Bandung: Humaniora

Marpaung, Happy. (2002). Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alfabeta.

Marpaung, Happy. (2000). Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alfabeta.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Sleman: Deepublish.

Samini, A.J.,Sadeghi, S. (2011). Tourism and Economic Growth in Developing Countries: P-VAR Approach. Middle East Journal of Scientific Research, 10(1), 28-32..

Sujatno, Bambang. (2008). Front Office Operations. C.V Andi Offset, Yogyakarta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.32528/sw.v5i2.9035

Copyright (c) 2022 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats