PENGARUH FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI MUSEUM MACAN, JAKARTA

Johannes Kurniawan, Reagan Brian, Stephanie Theodora Mulyono

Abstract


Museum MACAN merupakan museum modern dan kontemporer pertama di Indonesia. Jika dilihat beberapa review yang ada di Google Review, penilaian pelanggan yang telah mengunjungi Museum MACAN memberikan komentar yang baik mengenai kualitas layanan dan fasilitas disediakan. Penelitian ini akan membahas pengaruh Fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di Museum MACAN. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan oleh dalam pengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuesioner online kepada 100 responden. Menggunakan pendekatan non-probability sampling dan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengujian dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji koefisien determinasi, uji T yang dibantu oleh aplikasi SPSS 25. Hasil akhir yang didapatkan dari penelitian ini diantaranya, dari pengujian uji t yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa variabel fasilitas memiliki nilai t-hitung dan t-tabel sebesar 6,208 > 1,988 maka dari itu dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang dapat juga didiartikan bahwa variabel fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, variabel fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan variabel kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Saran bagi pengelola Museum MACAN agar untuk selalu meningkatkan fasilitasnya yang sudah terbentuk, seperti Virtual Tour Museum yang ada di Museum MACAN.


Keywords


Fasilitas, Kepusan Pelanggan, Museum MACAN

Full Text:

PDF

References


Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Indrajaya, Titus. (2015). Potensi Industri MICE (Meeting, Incentive, Conference, And Exhibition) di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah WIDYA. Vol. 3 No. 2.

Kesrul, M. (2004). Meeting Incentive Trip Conference Exhibition. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, d. A. (2012). Kepuasan pelanggan. Jurnal repository, Usu.

Maydiana, L. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Jasa Cuci Motor Mandiri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2), 444–450.

Pendit, Nyoman. S. (1999). Ilmu Pariwisata, Jakarta: Akademi Pariwisata Trisakti.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Tjiptono, F. (2012). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. CV Andi Offset., 5–24.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2005). Service, Quality, and Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset

https://www.museummacan.org/.




DOI: https://doi.org/10.32528/sw.v5i2.9032

Copyright (c) 2022 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats