Analisis Dampak Marketing Mix Dan Protokol Kesehatan Terhadap Keputusan Menginap Pada Saat Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di Hotel Royal Jember)

Hadi Jatmiko, Faozen Faozen

Abstract


Pembahasan penelitiaan ini dititikberatkan pada Analisis Dampak Marketing Mix Dan Protokol Kesehatan  Terhadap  Keputusan Menginap (Studi Kasus Di Hotel Royal Jember). Harapannya hasil penelitian ini dapat memberikan masukan kepada pengelola hotel di Jember khususnya dalam mengambil kebijakan dan strategi pemasaran yang tepat pada masa pandemi covid-19. Tujuan pnelitian ini adalah menganalisis dampak marketing mix dan protokol kesehatan  terhadap keputusan tamu menginap di hotel pada saat pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Hotel Royal Jember. Populasi diambil dari tamu yang menginap di Hotel Royal Jember dengan responden berjumlah 31 responden. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, (1) Promosi, Fasilitas, Lokasi, Protokol kesehatan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap di Hotel Royal Jember.; (2). Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap di Hotel Royal Jember.; (3) Fasilitas berpengaruh dominan terhadap keputusan menginap di Hotel Royal Jember.


Keywords


Marketing Mix, Decision to Stay, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis, Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta, Jakarta

Baunsele, Kasim, Bessie. 2018. Jurnal Bisnis & Manajemen Vol. 10, No. 2, Juli 2018, Hal. 96 – 109

Darsono Agustinus. 2001. Kantor Depan Hotel. PT.Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta

Handoko T. Hadi. 2000. Manajemen Personalia Dan Sumberdaya Manusia. BPFE: Yogyakarta

https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19, ( akses agustus 2020)

https://tirto.id/apakah-yang-dimaksud-protokol-kesehatan-covid-19-f3W3, (akses Nopember 2020)

Katemung, Kojo, Rumokoy.2018. Jurnal EMBA Vol.6 No.2 April 2018. Hal. 978-987

Kotler, Philip.. 2008.Manajemen Pemasaran Jilid I (Edisi ke-13). Erlangga, Jakarta

Mustika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Nasional, 2004

Swastha, Basu dan Irawan. 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kelima, Yogyakarta : Liberty.

Wahab, Salah. 2005. Tourism Marketing. Jakarta: PT Gramedia.

Yoeti, Oka. 1996. Pemasaran Pariwisata, Bandung : Angkasa Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32528/sw.v4i1.4848

Copyright (c) 2021 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats