PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CAPSULE HOTEL OLD BATAVIA, JAKARTA PUSAT

Dominica Luna, Regina Dewi Hanifah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di Capsule Hotel Old Batavia, Jakarta Pusat (simultan maupun parsial) dan dimensi yang paling berpengaruh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif jenis asosiatif kausal. Hasil penelitian yang menggunakan uji-t menunjukan bahwa dimensi tangibles, emphaty, dan reliability tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan untuk dimensi responsiveness dan assurance terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil dimensi yang paling berpengaruh adalah responsiveness. Kemudian melalui uji-F menunjukan kualitas layanan secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil dari nilai Adjusted R Square sebesar 60,7% menunjukan  keputusan pembelian di Capsule Hotel Old Batavia, Jakarta Pusat dipengaruhi oleh variabel X (kualitas layanan) dan sebesar 39,3% dipengaruhi faktor diluar penelitian ini.Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah dengan meningkatkan dimensi tangibles, emphaty dan reliability. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah 39,3% faktor dari variabel lain yang mempengaruhi keputusan penelitian tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

 


Keywords


Kualitas layanan, keputusan pembelian, hotel kapsul.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.(2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Buchari, A. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Daryanto, (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya

Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran .Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016).Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Muljadi, A.J. (2012).Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertai Karya ilmiah. Cetakan Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Tjiptono, Fandy & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik.Edisi KeduaYogyakarta:ANDI.

Tjiptono, Fandy Diana, Anastasia. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Yogyakarta:ANDI.

Audina, Nia. (2018). Kualitas Pelayanan Room Boy Di Hotel Grand Zuri Pekanbaru Riau. JOM FISIP Vol. 5 No. 1, April. Riau: Universitas Riau

Badan Pusat Statistik.(2020).Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional No. 03/01/Th. XXIII, Jakarta: Badan Pusat Statistik

Baeti, Destiana. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Hotel Niagara Parapat Provinsi Sumatera Utara. JOM FISIP Vol. 5 No. 1 – April. Riau: Universitas Riau

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Musa dan Thitumoorthi.(2011). Red Palm: Exploring Service Quality and Servicescape of the best backpacker hostel in Asia. Current issues in Tourism. Volume 4.

Putra, Ali Syah. (2019). Analisis Pengaruh Budaya Organnisasi Terhadap Kinerja Karyawan CV Wira Sukses Jaya Medan. Jurnal Ilmiah Skylandsea Vol 3 No 2

Suwithi, Ni Wayan & Boham, Cecil Erwin Jr. (2008). Akomodasi Perhotelan. Jakarta; Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Ali, Syah Baginda. (2016). Strategi Pengembangan Fasilitas Guna Mengingkatkan Daya Tarik Minat Wisatawan Di Darajat Pass (Waterpark) Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Brahmisiwi, Ida Ayu Shintyani. (2015). Pengaturan Investasi Semi Kelola Di Bidang Perdagangan Jasa Akomodasi Wisata. Denpasar: Universitas Udayana.

Desembrianita, Eva dan Ruslin. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa Hotel Oval Surabaya. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Urip Sumoharjo Surabaya.

Gondokesumo, Reyner dan Caroline, Novia.(2018).Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan Backpacker Dalam Memilih Sebuah Hostel Di Bali. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Lukita, Andreas. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pelanggan Menginap Pada Hotel Duta di Lampung Utara. Lampung: Universitas Lampung

Rahma, Fajar Nuur Alfie. (2017). Desain interior Budget Hotel Untuk Backpacker Dengan Konsep Persahabatan Asia. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sulanjari, Bintang. (2018). Analisis Pengaruh Kesadaran Harga, Persepsi Nilai, Dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Niat Perilaku Berbelanja Produk Imitasi Di Malioboro. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia

Sulistiono, Ari Budi. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Menginap (Studi Kasus Pada Tamu Hotel Srondol Indah Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro

Utami, Vonny Dwi. (2016). Perancangan Buku Panduan Tentang Solo Traveling. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara.

Widiarsani, Ni Made. Sulistyawati, Agung Sri. Aryanti, Ni Nyoman Sri. (2018).Identifikasi dan persepsi wisatawan terhadap capsule hotel di kuta bali, Bali: Universitas Udayana.

Undang Undang RI tentang Kepariwisataan, No. 10 Tahun 2009. Jakarta: Menteri Sekretaris Negara

Undang Undang RI tentang Kepariwisataan, No. 10 Pasal 14 Ayat 1 Tahun 2009. Jakarta: Menteri Sekretaris Negara.

http://data.jakarta.go.id/group/b6dd7cd4-4e63-462c-b7d6-df89e2922bd0?organization=dinas-pariwisata&page=2 (dibuat pada tgl 5 Februari 2019 dan diakses pada tanggal 20 Maret 2020)

https://travel.detik.com/travel-news/d-4664172/solo-traveling-jadi-tren-anak-milenial (dibuat pada tgl 13 Agustus 2019 dan diakses pada tanggal 10 Maret 2020 pada pkl 15.23)

https://travel.kompas.com/read/2019/04/09/080600527/sejarah-hotel-kapsul-berawal-dari-jepang-kini-ada-di-indonesia (dibuat pada tgl 19 April 2019 da diakses pada tgl 5 April 2020)

https://travel.tempo.co/read/1089306/ini-2-alasan-mengapa-solo-traveling-jadi-trending/full&view=ok (dibuat pada tgl 15 Mei 2018 dan diakses pada tanggal 18 Maret 2020 pkl 20.15)

https://www.cekaja.com/info/tren-traveling-2019-mana-pilihamu/ (dibuat pada tgl 19 Februari 2019 dan diakses pada tgl 7 Apil 2020)

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181003195638-269-335466/pariwisata-indonesia-masuk-10-besar-dunia-versi-wttc (dibuat pada tgl 3 Oktober 2019 diakes pada tanggal 19 Februari 2020)

http://www.thefoodxplorer.com/hotel-review/capsule-hotel-old-batavia-jakarta-indonesia/ (diakses pada tanggal 21 Mei 2020)

https://backpackerjakarta.com/review-old-batavia-capsule-hotel-cikini/ (diakses pada tgl 21 Mei 2020)

https://www.tripadvisor.com/LocationPhotoDirectLink-g294229-d6833338-i120684973-Capsule_Hotel_Old_Batavia-Jakarta_Java.html (diakses pada tanggal 21 Mei 2020)

https://backpackerjakarta.com/review-old-batavia-capsule-hotel-cikini/ (diakses pada tanggal 21 Mei 2020)

https://www.trivago.co.id/en/jakarta-92299/hotel/capsule-old-batavia-3369945 (diakses pada tanggal 21 Mei 2020)

https://www.traveloka.com/id-id/hotel/indonesia/old-batavia-capsule-hotel-4000000464370 (diakses pada tanggal 21 Mei 2020)

https://www.booking.com/hotel/id/capsule-old-batavia.html(diakses pada tanggal 21 Mei 2020)




DOI: https://doi.org/10.32528/sw.v3i2.3875

Copyright (c) 2020 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Related Issue

View My Stats