FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN BERKUNJUNG KE MUSEUM TEKSTIL JAKARTA

Dewanta Facrureza, Cindy Vinessia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mana yang mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke Museum Tekstil Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, dengan kriteria sampel konsumen yang sudah pernah berkunjung ke Museum Tekstil Jakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi. Hasil analisis dari uji yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa 4 dimensi yang diuji, yaitu Profil Wisatawan/Tourist Profile, Pengetahuan untuk Melakukan Perjalanan/Travel Awareness, Karakteristik Perjalanan/Trip Features, serta Sumber Daya dan Karakteristik Daerah Tujuan/Resources and Characteristic of Destination memiliki pengaruh sebesar 60,8% dan secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung.


Keywords


Faktor-Faktor Berkunjung, Keputusan Berkunjung, Museum Tekstil

Full Text:

PDF

References


Anggela, M. M., Karini, N. M., & Sofia, N. M. (2017). Persepsi Dan Motivasi Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daya Tarik Wisata Jembong Di Kabupaten Buleleng. Universitas Udayana.

Anwani, & Lisfiyati, F. (2014). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Berkunjung Di Pantai Glagah Indah Yogyakarta. STIE Pariwisata API Yogyakarta.

Astina, I. B. (2009). Analisis Pariwisata. Universitas Udayana.

-------(2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Belajar Membatik di Museum,fromhttps://edukasi.kompas.com/read/2014/01/20

/1132456/Belajar.Membatik.d i.Museum.

Data Kunjungan Wisatawan Nusantara, from https://data.jakarta.go.id/dataset/dat a-kunjungan-wisatawan-nusantara- ke- destinasi-wisata-di-dki-jakarta.

Eero, N. (2013). Tourist Motivation and Information Search Behaviour Case: Museum of Contemporary Art Kiasma. Laurea University of Applied Sciences .

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Gulo, W. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo. Gujarati, D.(2012). Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.

Hair, J. F., & E., a. A. (2010). Multivariate Data Analysis. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hermansyah, D., & Waluya, B. (2012). Analisis Faktor- Faktor Pendorong Motivasi Wisatawan Nusantara Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Kebun Raya Bogor. Bogor: Manajemen Pemasaran Pariwisata FPIPS UPI.

Irwan, K. (2010). Potensi Objek Wisata Sebagai Daya Tarik Wisata. Yogyakarta: Kertas Karya.

Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Lestari, A., & Sunarti. (2016). Analisis Pengembangan Promosi Dalam Upaya Menarik Kunjungan Wisatawan. Universitas Brawijaya.

Mahadewi, N. M. (2012). Atraksi,Produk Wisata Dan Event Wisata Dari Teori Ke Praktik. Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali.

Mengenal Kain Nusantara di Museum Tekstil, Ikut Menjaga Warisan Budaya Nusantara, from

https://wartakota.tribunnews. com/2019/11/05/mengenal- kain- nusantara-di-museum- tekstil-ikut- menjaga-warisan- budaya- nusantara.

Museum Tekstil, from https://www.jakartamrt.co.id/peta- distrik/museum-tekstil/

Museum Tekstil, from https://www.jakarta.go.id/artikel/25 3 8/museum-tekstil/

R, B., & Rozak, H. A. (2012). Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara Di jawa Tengah. Universitas Stikubank Semarang.

Meyers, Koen. 2009. Pengertian Pariwisata, Jakarta: Unesco Office. Muhammad, F. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Sebuah Pengantar. Semarang: Walisongo Press.

Sangaji, E. M. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Septiawan, F. (2016). Motivasi Wisatawan Berkunjung Ke Taman Merdeka Metro Tahun 2016 . Universitas Lampung.

Setiawan, L., & Suryasih, I. A. (2016). Karakteristik Dan Persepsi Wisatawan Terhadap Daya Tarik Wisata Pantai Kata Di Kota Pariaan,Sumatera Barat. Universitas Udayana.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Penada Media Group.

Sugiarto, P. D., Hendratono, D. T., & Sudibyo, D. (2015). Metodologi Penelitian Hospitaliti & Pariwisata. Tangerang: PT Matana Publishing Utama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujarweni, W. V. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sulaeman, A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt.Cakrawala Citramega. (D.F. Pamulang, Ed.)

Suwena, I. K., & Widyatmaja, I. G. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Pustaka Larasan.

Usman, H., & Purnomo, A. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliani. (2013). Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan Pariwisata Dan Kominfo (Disbudpar) Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Desa Pampang Kota Samarinda. Universitas Mulawarman.




DOI: https://doi.org/10.32528/sw.v3i2.3868

Copyright (c) 2020 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats