EVALUASI KINERJA MAHASISWA MAGANG DI HOTEL BINTANG 5 (*****)
Abstract
Abstrak
Latar belakang penelitian ini berangkat dariminimnya tenaga kerja yang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh hotel saat ini. Para lulusan yang dicetak oleh institusi masih belum dapat memenuhi kebutuhan hotel, sehingga akhirnya masing-masing institusi berlomba untuk membuat kurikulum yang mengakomodir kebutuhan pengguna di industri perhotelan yang penuh dengan kemampuan praktikal. Salah satunya menggunakan program on the job training di hotel, khususnya hotel bintang 5 dengan standar terbaik menjadi jembatan bagi para mahasiswa untuk dapat membantu menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di institusi ke dalam dunia kerja dan dapat membantu dalam berpola pikir dan bertindak dalam memecahkan masalah yang ditemui pada lingkungan kerja.Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur kinerja para mahasiswa saat magang, dimana penilaian tersebut menjadi tolak ukur keberhasilan dari rancangan kurikulum dan penyampaian pembelajaran di sebuah institusi pendidikan. Metode yang digunakan menggunakan sampel mahasiswa Akademi XYZ yang melakukan OJT di Hotel Bintang 5 di seluruh Indonesia sebanyak 36 orang mahasiswa yang terdiri dari semester 3 dan 5. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner berbentuk formulir penilaian mahasiswa dengan skala yang mengikuti penilaian akademis, serta interview dengan Training Manager Hotel dan mahasiswa. Hasil yang ditemukan dengan menggunakan 5 kategori penilaian berdasarkan teori kinerja dari Bangun (2012), nilai kinerja mahasiswa Akademi XYZ berada dalam kategori sangat baik dengan tolak ukur penilaian akademis yang berlaku di Akademi XYZ. Adapun nilai tertinggi adalah kemampuan kerjasama sebesar 8,86 dan terendah adalah kualitas pekerjaan sebesar 8,43. Hal ini dapat berimplikasi kepada kesiapan mahasiswa di dunia kerja yang tidak dapat berkembang, sehingga sangat dibutuhkan penambahan materi yang berkenaan dengan kualitas kerja di dalam kegiatan pengajaran bagi mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artikel Dalam Jurnal
Hughes, Karen, Mylonas, Aliisa and Benckendorff, Pierre (2013). Students’ reflections on industry placement: comparing four undergraduate work integrated learning streams.Asia-Pacific Journal of Cooperative Education. Volume 14, No.4, 265-279.
Joslam, B. M., Crustinger, C., Reynolds, J. S., Dotter, T., Thozhur, S., Baum, T., and Devine, F. G. (2009). An empirical study of the work attitudes of Generation Y college students in the USA: The case of hospitality and merchandising undergraduate majors. Journal of Service Research, Volume 9, 5-30.
Pool, Lorraine Dacre and Sewell, Peter. 2007. The key to employability: developing a practical model of graduate employability Education þ Training Vol. 49 No. 4, 277-289
Solnet, D., Robinson, R.N.S., and Cooper, C. 2007. An industry partnerships approach to tourism education. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, Volume 6, No. 1, 66-70.
Wang, H., Kong, M., Shan, W., and Vong, S. K. (2010). The effects of doing part-time jobs on college student academic performance and social life in a Chinese society. Journal of Education and Work, Volume 23, 79-94.
Buku Teks
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik,Jakarta, Rineka Cipta.
Aritonang, R. Lerbin, R. (2007). Teori dan Praktik Riset Pemasaran, Bogor, Ghalia Indonesia.
Baker, L, Caldicott, J & Spowart, J . (2011), Cooperative and work-integrated education in integrated education (2nd edition), New Zealand,World Association for Cooperative Education
Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Erlangga.
Budihardjo. (2016). Panduan Praktis Menyusun SOP, Jakarta, Penebar Swadaya
Cha, Sumarsono. (2016). Dahsyatnya Bisnis Hotel di Indonesia, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.
Fauzi. (2009). Metode Kuantitatif, Jakarta, Erlangga.
Hair, Joseph F., et.al. (2009). Marketing Research: In Digital Information Environment (4th Edition), New York, The McGraw-Hill Companies, Inc,.
__________. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Edition), New York, Prentice Hall International, Inc.
Hamali, Arif Yusuf. (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Handoko, T. Hani. (2010). Manajemen Personalia & Sumber daya Manusia, Yogyakarta, BPFE.
Hariandja, Marihot Tua Efendi. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai), Jakarta, Grasindo.
Hasibuan, H. Malayu. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Komar, Richard. (2016). Hotel Management, Jakarta, PT. Grasindo.
Kriyantono, Rachmat. (2012). Teknik praktis Riset Komunikasi, Jakarta, Kencana.
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2010). Evaluasi Kinerja SDM, Bandung, PT Revika Aditama.
Marwansyah. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Ke-2), Bandung, Alfabeta.
Narimawati, Umi. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Bandung, Agung Media.
Prawirosentono, S. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, BPFE.
Priyatno, Dwi. (2009). Mandiri Belajar Spss, Cetakan kedua, Jakarta, PT. Buku Kita.
Robbin, P.S & Judge, T.A. (2008). Perilaku Organisasi, (Edisi Ke-12), Jakarta, Salemba Empat.
__________. (2011). Perilaku Organisasi, Buku 2 (Edisi ke-12), Jakarta, Salemba Empat.
Sekaran, Uma dan Bougie, Roger. (2013). Research Methods for Bussiness: A skill Building Approach (6th Edition),New Dehli, Wiley.
Simamora, Henry. (2008). Manajemen Sumber daya Manusia, Yogyakarta, STIE YKPN Yogyakarta.
Siregar, Syofian. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta, Kencana.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen, Bandung, Alfabeta.
Sulastiyono, Agus. (2011). Manajemen Penyelenggaran Hotel, Bandung, Alfabeta.
Sule, Tinawati dan Saefullah, Kurniawan. (2015). Pengantar Manajemen (Edisi Ke-1), Jakarta, Prenadamedia Group.
Sunyoto, D. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, CAPS (Center for Academic Publising Service).
Supriyanto. (2009). Metodologi Riset Bisnis, Jakarta, Index.
Sutrisno, Edy. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Ke-1), Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
__________. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Kecana Prenada Media Group.
Suwatno. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Publik dan Bisnis, Bandung, Alfabeta.
Swasto, Bambang. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Malang, Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Tehubijuluw, Florentina K. dan Sugiarto. (2014). Metodologi Penelitian,Tangerang, Matana Bina Utama.
Uno, Hamzah B. (2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan), Jakarta, Bumi Aksara.
Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja (Edisi Ke-4),Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Jakarta, Salemba Empat
Website
Badan Pusat Statistik. (2017). Angka Beban Tanggungan [Online] Tersedia di https://www.bps.go.id/index.php/istilah/index?Istilah_page=4
Berita Resmi Statistik Provinsi DKI Jakarta. (2016, Februari 01).
Pariwisata DKI Jakarta. Diunduh 23 Februari 2017), dari https://jakarta.bps.go.id/backend/brs_ind/brsInd-20160202100311.pdf
Hukum Online.Com. (2003). UU Ketenagakerjaan Baru [Online] Tersedia di http://www.hukumonline.com/berita/baca/hol7529/uu-ketenagakerjaan-baru
Poerwanto, Endy. (2016). BPS: Tingkat Hunian Berbintang Naik [Online] Tersedia di http://bisniswisata.co.id/bps-tingkat-hunian-hotel-berbintang-naik/
DOI: https://doi.org/10.32528/sw.v2i2.2681
Copyright (c) 2019 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats