SINERGISITAS PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PENGEMBANGAN DESA WISATA (Studi Di Desa Wisata Adat Suku Osing Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi)

Agista Ul Hakim Paxi Permadi, Emy Kholifah R

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang Sinergisitas Pemerintah dan Masyarakat dalam Upaya Pengembangan Desa Wisata (Studi Di Desa Wisata Adat Suku Osing Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi) yang meliputi  Pemerintah Pusat, Daerah, dan Desa serta mendeskripsikan bentuk kerjasama atau sinergisitas Pemerintah dengan masyarakat dalam mengembangkan Desa Wisata Adat Kemiren. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data di peroleh data primer dan sekunder. Penggumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi menggunakan purposive sampling. Analisis menggunakan analisis data model interaktif yang meliputi, Pengumpulan Data, Reduksi Data,  Penyajian Data, dan Verifikasi Data.Dalam sinergisitas pemerintah dan masyarakat dalam upaya pengembangan Desa Wisata Adat Kemiren terdapat 3 bentuk sinergisitas:(1). Sinergisitas Kebijakan tentang Desa Wisata dari Pemerintah Pusat sampai kepada Pemerintah Desa  (2). Sinergisitas Pemeberdayaan Masyarakat Lokal tentang SDM dan juga merupakan bentuk implementasi dari kebijakan yang telah dibuat  (3). Sinergisitas kegiatan swadaya masyarakat  yang merupakan kegiatan tradisi Masyarakat Osing di Kemiren dan digagas oleh Pemerintah Daerah Kabupaten untuk menjadi agenda Festival tahunan agar dapat dipromosikan kepada wisatawan. Dengan adanya tiga bentuk sinergistas, bahwa Pemerintah dan Masyarakat telah  berupaya untuk mengembang Desa Wisata untuk kesejahteraan masyarakat serta diharapkan dapat memberdayakan masyarakat dan  melibatkan secara langsung agar dapat merasakan pembangunan Kepariwisataan, didalam pelaksanaanya melibatkan banyak organisasi seperti Karang Taruna dan Pokdarwis di Kemiren sebagai pemuda dan terlibat secara lansung.

Keywords


Sinergisitas,Pengembangan Desa Wisata, Pemerintah dan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Agustino, Leo. 2006. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: CV. Alfabeta. 2002.

Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Pembangunan Kawasan Unggulan Minat Khusus Petualangan Kalimantan Timur. Jakarta: Direktoral Jenderal Pengembangan Produk Pariwisata. 2001.

Indonesia. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Program Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Sektor kebudayaan dan Pariwisata (PNPM) Pariwisata. 2008. Retrevied January, 20, 2018 from http://www.kemenpar.go.id/

Effendi, Tadjuddin Noer. Srategi Pengembangan Masyarakat: Alternatif Pemikiran Normatif, dalam Jurnal Sosial Politik, Fakulta Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gajah Mada, Volume 3 No.2. 1999.

Indonesia. Undang-undang Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Kepariwisataan.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata. PM.26/UM.001/MKP/2010 Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Desa Wisata.

Pemerintah Daerah Banyuwangi. Perda No. 13 Tahun 2012 Mengenai Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Banyuwangi.

Peraturan Daerah Banyuwangi. Perda No. 1 Tahun 2017 MengenaiDesa Wisata di Kemiren.

Bupati Bayuwangi. Keputusan Perbup No. 401 Tahun 1996 Tentang penetapan lokasi Desa Wisata di desa kemiren.

Indonesia. Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Bab XII, pasal 97, Lembaga Adat.

Pemerintah Desa Kemiren. RPJMDes 2016-2018




DOI: https://doi.org/10.32528/sw.v2i1.1821

Copyright (c) 2019 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats