EFEKTIVITAS PROMOSI PANTAI PAPUMA JEMBER MELALUI MEDIA JEJARING SOSIAL

Bagus Indra Tjayadhi

Abstract


Media jejaring sosial di internet saat ini semakin berkembang jenis dan ragamnya termasuk manfaat dan tujuannya. Media yang awalnya hanya digunakan untuk pertemanan di dunia maya berkembang menjadi salah satu media cukup populer untuk mempromosikan sesuatu pada saat ini. Fenomena ini juga mempengaruhi cara promosi dari Pantai papuma. Pantai tersebut merupakan salah satu objek wisata terkenal di Kabupaten Jember yang dikunjungi banyak wisatawan. Hal ini sangat berguna bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Papuma, karena mereka bisa mendapatkan informasi dengan mudah mengenai objek wisata melalui facebook, blog, dan jenis media jejaring sosial lainnya. Dalam penelitian ini tingkat efektivitas promosi diukur dengan menggunakan teknik model EPIC dengan menggunakan variabel empati, persuasi, dampak dan komunikasi. Tingkat EPIC dari hasil penelitian ini adalah sebesar 4,03. Skor ini menunjukkan bahwa media jejaring sosial cukup efektif dalam mempromosikan Pantai Papuma kepada masyarakat.

Keywords


media jejaring sosial, promosi, EPIC Model.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Chairil. 2010. Analisis Pengaruh Faktor Kompensasi, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Di Hotel Bintang Mulia Jember.

Arikunto, Suharsami. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek., Jakarta : Rineka Cipta

Durianto, D., Sugiarto., Widjaja, A.W., Supratikno, H. (2003). Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Indah.

Handoko, T., Hanni, 1994. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Komariah. 2006. Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. Tesis. Fakultas Ekonomi, Universitas Bina Darma Palembang.

Rivai. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Cetakan pertama, Raja Grafindo Persada Robbins, Stephen, P. 2001. Perilaku Organisasi. Edisi Indonesia, Jakarta : PT. Prenhallindo.

Setyowati, Trias. 2011. Pengaruh Faktor Motivasi, Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Di Universitas Muhammadiyah Jember. Tesis. Jember: UNEJ

Simamora, H. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN: Yogyakarta

Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian.1995. Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES

Sudarmadi, 2007, Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan, Tesis. Semarang: UNDIP.

Supriyadi, Andhi, 2005, Analisis Pengaruh Kepuasan Kompensasi, Pemberdayaan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan, Tesis, Semarang: UNDIP.

Tias, Ratnaning Santi. 2006. Variabel- Variabel Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Kantor Polisi Pamong Praja Kabupaten Jember. Karya Tulis Utama. Magister Manajemen. Program Pasca Sarjana Universitas Jember

Mangkunegara. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mursalim, (2013). Analisis Efektivitas Iklan Media Online Pada PT Surveyor Indonesia Kanwil Makassar. Skripsi. Makassar. Universitas Hasanuddin

Priadi, Rudi. 2010. Analisis Efektivitas Iklan Yamaha Jupiter Mx Versi “Merobohkan Jembatan” Terhadap Dampak Komunikasi Diukur dengan Metode EPIC Model. Journal Vol 2. Diakses dari http://portal.kopertis3.or.id/ handle/123456789/1056




DOI: https://doi.org/10.32528/sw.v1i1.1817

Copyright (c) 2018 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats