PENGARUH EFEKTIFITAS DAN PRODUKTIFITAS PRAMUKAMAR DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN HOTEL DI KABUPATEN JEMBER

Hadi Jatmiko

Abstract


Fenomena Wisatawan dewasa ini semakin hari semakin memahami tujuan dari perjalanan wisatanya.  Motivasi dan loyalitas pelanggan (wisatawan) untuk berkunjung harus didukung oleh kesiapan Sumber Daya Manusia yang mau dan mampu serta peduli terhdap profesi dan tuntutan pelanggan yang menjadi salah satu ukuran sikap profesionalisme  karyawan  yang bergerak  dibidang pariwisata secara umum  dan  dunia perhotlean secara khusus. Memahami pentingya keberadaan pramukamar, sudah saatnya diperhatikan pentingnya memahami efektifitas   dan produktifitas yang dihasilkan oleh pramukamar  dalam  memberikan  pelayanan  kepada  tamu  yang  menginap.  Berkaitan dengan fenomena diatas maka, perlu kiranya dilakukan penelitian pengaruh efektifitas dan produktifitas pramukamar dalam meningkatkan pelayanan hotel. Tujuan penelitian ini adalah  untuk  mengkaji  dan  mengetahui  pengaruh  efektifitas  dan  produktifitas  pramu kamar dalam meningkatkan pelayanan hotel di Jember.

Tahapan kegiatan ini diawali dengan survey yaitu uji instrumen penelitian. Setelah memperoleh instrumen yang valid, selanjutnya tim peneliti melakukan turun lapang untuk menggali informasi dengan wawancara dan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan data primer dan sekunder. Data yang telah didapat diolah dengan program apliksi pengolahan data SPSS Windows.

Tahapan selanjutnya adalah penyusunan  hasil  penelitian, bahwa hasil  uji regresi menunjukkan variabel efektifitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan dan hasil uji regresi menunjukkan variabel produktifitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan

Keywords


Efektifitas dan Produktifitas, Pramu Kamar, Pelayanan Hotel

Full Text:

PDF

References


Agusnawar, A.Md.Par. 2002. Pengantar Operasional Kantor Depan Hotel. PT. Perca, Jakarta

Darsono Agustinus. 2001. Kantor Depan Hotel. PT.Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta

Handoko T. Hadi. 2000. Manajemen Personalia Dan Sumberdaya Manusia. BPFE: Yogyakarta

Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Soekadijo. R. G. 2000. Anatomi Pariwisata. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umu

Sugiarto Endar, Ir, MM. 1996. Pengantar Akomodasi Dan Restoran. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

-----------, Ir, MM. 1997. Operasional Kantor Depan. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kelima, Yogyakarta : Liberty.Tjiptono, Fandi. 2001. “Strategi Pemasaran”. Edisi kedua, Yogyakarta : Andi

Wahab, Salah. 1997. Pemasaran Pariwisata. Jakarta : PT. Pradya Paramitha.

Yoeti, Oka. 1996. Pemasaran Pariwisata, Bandung : Angkasa Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32528/sw.v1i1.1815

Copyright (c) 2018 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Related Issue

View My Stats