Penerapan Variasi Pembelajaran Two Point Jump Shoot untuk Meningkatkan Hasil Belajar Shooting dalam Pembelajaran Bolabasket

Reni Kurniawaty, Andi Fepriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar two point jump shoot siswa SMPK Santo Yusuf Sumenep melalui penerapan variasi pembelajaran. Peneliti kali ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus yang setiap siklusnya dilakukan 2 kali pertemuan dengan sampel 10 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan teknik shooting dalam permainan bola basket pada siklus pertama terdapat 2 siswa yang bisa melakukan shooting two point jump shoot  sedangkan 8 siswa yang lain belum mampu melakukan dengan baik dan benar. siswa yang semula belum bisa melakukan gerakan shooting two point jump shoot, ketika peneliti melakukan pemberian materi dan pembelajaran lebih lanjut pada siklus kedua terhadap siswa SMPK Santo Yusuf Sumenep sudah bisa memahami dan melakukan teknik shooting two point jump shoot dengan baik dan benar. Dari 10 siswa hanya terdapat 1 siswa yang belum bisa melakukan teknik shooting two point jump shoot, sedangkan 9 siswa lainnya mampu melakukan dengan baik dan benar. Denganmenggunakan teknik pembelajaran variasi dapat meningkatkan hasil belajar shooting pada siswa SMPK Santo Yusuf Sumenep.


Keywords


Bolabasket; two point jump shoot; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Army, Putra. 2012. Tes Unjuk Kerja Teknik Tembakan Lompat (Jump Shoot) Cabang Olahraga Bolabasket. Skripsi Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). 2006. Standar Isi. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Mahardika, IMS., 2010. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press Anggota.

Sajoto. 1995. Pengembangan dan Pembinaan Kekuatan kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Dahara Prize.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32528/sport-mu.v3i1.9140

Copyright (c) 2022 Reni Kurniawaty, Andi Fepriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember

 

View My Stats