Tingkat Motivasi Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani dalam Mata Kuliah Pembelajaran Sepakbola Berbasis Online pada Masa Pandemi Covid 19

Indah Zean Pitaloka, Aang Rohyana, Resty Agustryani

Abstract


Pembelajaran yang dilaksanakan secara online membuat mahasiswa harus mempelajari materi praktik yang diberikan secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan psikomotornya. Sementara itu mata kuliah pembelajaran sepakbola ini merupakan olahraga kelompok yang membutuhkan adanya kerjasama dalam melaksanakannya dan hal hal lainnya yang menyangkut tentang dua orang atau lebih. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat seberapa besar tingkat motivasi belajar pada mahasiswa pendidikan jasmani dalam mata kuliah pembelajaran sepakbola berbasis online pada masa pandemi covid 19. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini memiliki populasi mahasiswa jurusan pendidikan jasmani Universitas Siliwangi sebanyak 230 orang dengan jumlah sampel 139, penentuan hasil sampel menggunakan rumus Isaac & Michael dengan penyerataan sampel kelasnya menggunakan proportionate stratified random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat motivasi belajar mahasiswa pendidikan jasmani sebesar 73% berkategori tinggi.


Keywords


motivasi belajar, pembelajaran berbasis online, pendidikan jasmani

Full Text:

PDF

References


Cahyono, A. E. (2018). Arie Eko Cahyono Identifikasi Faktor Internal Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP PGRI Jember. 5

Husdarta, J. S. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. (Riduan, Ed.). Bandung: PT. Alfabeta. Jacobson-Lundeberg,

Inkadatu, E. (2017). Peran Pendidikan Jasmani Dalam Mengembangkan Karakter Kerjasama Siswa Kelas Atas Sd Negeri 2 Kalipetir. 1–9.

Lutfi, A. (2013). Memotivasi Siswa Belajar Sains Dengan Menerapkan Media Pembelajaran Komik Bilingual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (Jpp), 20(2), 152–159.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 86–95.

Raharja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning+ Pada Perguruan Tinggi. Sisfotenika, 9(2), 192.

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufik, M. S., Guntur, M., Sungkawa, G., Jasmani, P., Fakultas, R., & Pendidikan, I. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Dengan Penggunaan Media Audio Visual Yang mengembangkan aspek fisik, mental maupun emosional seseorang secara. 3, 43–54.

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. 8(April), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.32528/sport-mu.v2i1.9050

Copyright (c) 2022 Indah Zean Pitaloka, Aang Rohyana, Resty Agustryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember

 

View My Stats