Tingkat Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Melalui Daring Pada Masa Pandemi COVID-19

Kris Maulana, Aang Rohyana, Defri Mulyana

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan munculnya virus COVID-19 yang mengakibatkan proses pembelajaran penjas dilakukan secara online sehingga berdampak terhadap motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran penjas melalui daring pada masa pandemi COVID-19 di MTs Negeri 11 Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang dilakukan adalah menuangkan statistik deskriptif ke dalam bentuk presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran penjas melalui daring pada masa pandemi COVID-19 di MTs Negeri 11 Cirebon adalah cukup dengan 40 siswa atau 53,33%. Tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran penjas melalui daring pada masa pandemi COVID-19 di Mts Negeri 11 Cirebon yang berkategori sangat tinggi 7 siswa atau 9,33%, tinggi 5 siswa atau 6,66%, cukup 40 siswa atau 53,33%, kurang 22 siswa atau 29,33%, sangat kurang 1 siswa atau 1,33%.


Keywords


Motivasi Belajar, Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Ferismayanti. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. 2(2), 1–10.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaknsanaan Kebijakan Pendidikan Penyebaran Corona Virus Disaese (COVID-10). 4–6.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5, 216–231. https://doi.org/1024090

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. http://journal.unj.ac.id/unj/index.ph p/pip/article/view/14921

Safitri, N. G., Zulfa, A., Cristanti, A., Wulandari, P. R., & Islami, E. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penerapan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Saman, A., & Arifin, A. (2018). Bimbingan & Konseling Belajar (1st ed.). Deepublish.

Sisdiknas, U. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan (Pertama). Prenadamedia.




DOI: https://doi.org/10.32528/sport-mu.v2i2.9047

Copyright (c) 2022 Kris Maulana, Aang Rohyana, Defri Mulyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember

 

View My Stats