Pengaruh Pembelajaran Play Drill terhadap Kemampuan Belajar Service Forehand Bulutangkis pada Siswa Kelas V SD Negeri 8 Pangkalpinang

Ade Ferdiansyah, Widati Amalin Ulfah, Erick Prayogo Walton

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan siswa dalam melakukan teknik service forehand serta ketertarikan belajar siswa pada pembelajaran bulutangkis masih kurang dikarenakan metode pembelajaran yang membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran play drill terhadap kemampuan belajar service forehand bulutangkis pada siswa kelas V SD Negeri 8 Pangkalpinang. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk “pre-experimental design” (One-Group Pretest-Postest Design)”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 8 Pangkalpinang yang berjumlah 20 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang dengan teknik penentuan sampel berdasarkan sampling jenuh. Teknik uji analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji-t diperoleh dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (17,616 > 2,086). Hal ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat dinyatakan adanya pengaruh pembelajaran play drill terhadap kemampuan belajar service forehand bulutangkis pada siswa kelas V SD Negeri 8 Pangkalpinang.

 


Keywords


Pembelajaran Play Drill, Kemampuan Service Forehand, Bulutangkis

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abu. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Aksan, H. 2012. Mahir Bulutangkis. Nuansa: Bandung Aksara.

Dowson, A & Morris, K. E. J. 2013. Bermain dan Olahraga Untuk Usia 5-16 Tahun. Bandung: Pakar Raya

Fenanlampir, A & Muhyi, M. 2015. Tes & Pengukuran Pendidikan Olahraga.Yogyakarta: CV Andi Offset.

Hua, H. Aryanto, S. 2007. Olahraga Kegemaranku Bulutangkis. Klaten: Intan Pariwara.

Karunia Eka Lestari & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015.Penelitian Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.

Komarudin. 2016. Penelitian Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Maksum, A. 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Nurhasan & Narlan, A. 2011. Tes & pengukuran Pendidikan Olahraga.Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga.

Poole, J. 2013. Blajar Bulutangkis. Bandung: pionir Jaya.

Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siregar, S. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32528/sport-mu.v2i2.9044

Copyright (c) 2022 Ade Ferdiansyah, Widati Amalin Ulfah, Erick Prayogo Walton

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember

 

View My Stats