Pengembangan Model Gerak Dasar Keterampilan Motorik Untuk Kelompok Usia 6-8 Tahun

Imam Mahfud, Rizki Yuliandra

Abstract


Anak pada usia 6-8 tahun merupakan masa perkembangan motorik yang pesat. Dunia anak adalah dunia bermain dan belajarnya anak sebagian besar melalui permainan yang mereka lakukan. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk model gerak dasar keterampilan motorik untuk kelompok usia 6-8 Tahun. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia 6-8 tahun.Uji efektifitas produk yaitu berdasarkan penilaian 2 orang ahli perkembangan motorik dan 1 orang ahli pembelajaran. Hasil yang didapatkan dari ketiga ahli adalah 88.6 yang dinyatakan baik dan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan, Berdasarkan hasil analisis berdasarkan penilaian ahli maka dapat disimpulkan bahwa bentuk pengembangan model gerak dasar motorik untuk usia 6-8 tahun ini layak digunakan. Hasil akhir dalam penelitian ini berupa buku panduan pelaksanaan item model gerak dasar motorik yang berisi tujuan, pelaksanaan, pengamatan, dan video pelaksanaan model gerak dasar motorik untuk usia 6-8 tahun.

Keywords


Pengembangan, Gerak Dasar, Motorik

Full Text:

PDF

References


Borg Walter R., and Gall M.D. (1983). Educational Research: An Introduction. New York: Longman Inc.

Dianawati, Ita. Dkk. (2017). Pengembangan Alat Sensor Gerak pada Garis Servis Double Event dalam Permainan Sepaktakraw. Journal of Physical Education and Sports 6 (3).

Gallahue, David L., Ozmun, John C. (2006).Understanding Motor Development. Boston: MC.Graw-Hill.

Maksum, Ali. (2012). Metode Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Pagani, L. S., & Messier, S. (2012). Links between Motor Skills and Indicators of School Readiness at Kindergarten Entry in Urban Disadvantaged Children. Journal of Educational and Developmental Psychology. 2(1).

Piaget, Jean & Barbel, Inhelder. (2010). Psikologi Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rink, Judith E. (2010). Teaching Physical Education for Learning, 6th edition. New York : McGraw-Hill Co, Inc.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Tangkudung, James. (2016). Macam-Macam Metodologi Penelitian Uraian dan Contohnya. Jakarta:Lensa Media Pustaka Indonesia.

Walter R. Borg, and Meredith D. Gall,. (1983). Educational Research: An Introduction, 4th Edition. New York: Longman Inc.

Wardani, Dani. (2009). BermainSambil Belajar. Jakarta: Edukasia.

Widiyastuti. (2014). Belajar Keterampilan Gerak. Jakarta: FIK Universitas Negeri Jakarta.

Wijaya, Awi M. (2009). Pentingnya Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini tumbuhKembang (SDIDTK) Anak. Jakarta: Depdiknas.

Yudanto (2010). Stimulasi Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal PendidikanJasmani Indonesia, Volume 4, Nomor 2, Nopember 2007. FIK UNY




DOI: https://doi.org/10.32528/sport-mu.v1i01.3055

Copyright (c) 2020 Imam Mahfud, Rizki Yuliandra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember

 

View My Stats